Articles, Christianity, Relationship, Self Motivation

“Tuhan, jika itu kehendak-Mu……..”

Gospel Truth’s Cakes
Yenny Indra

“Tuhan, jika itu kehendak-Mu……..”Lukas 22:42 (TB) “Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.”

Yesus tahu bahwa Bapa menghendaki agar Dia dijadikan korban bagi dosa dunia. Hal ini benar karena Dia telah menubuatkan kematian dan kebangkitan-Nya berkali-kali sebelumnya. Namun, karena hubungan-Nya yang unik dengan Allah, Yesus meminta Allah untuk melaksanakan kehendak-Nya dengan cara lain, namun pada saat yang sama menegaskan komitmen-Nya untuk melakukan kehendak Bapa-Nya dan bukan kehendak-Nya.

Dia tidak kehilangan kesadaran untuk mengetahui kehendak Tuhan dan oleh karena itu, meninggalkan waktu berdoa ini dengan percaya bahwa apapun yang Bapa anggap terbaik bagi-Nya, akan terjadi.

Yesus tahu, ketika Dia mulai mendoakan kehendak Bapa dan Dia memahami di akhir doa-Nya, bahwa kehendak Tuhan tidak dapat terlaksana dengan cara lain.

Namun bagi kita, jika berdoa, “Tuhan, jika itu kehendak-Mu” sebagai respons terhadap janji yang Tuhan berikan kepada kita, itu merupakan KETIDAKPERCAYAAN dan bahkan tidak ada kaitannya sama sekali dengan apa yang Yesus lakukan di Taman Getsemani.
Kita tidak bisa meniru doa Yesus, karena kita sudah diberi Alkitab yang berisi janji-janji dan kehendak-Nya secara gamblang.

Salah satu prinsip dasar doa yang terkabul adalah kita harus percaya bahwa kita menerimanya ketika kita berdoa (Mrk. 11:24). Tidak mungkin kita bisa memenuhi persyaratan itu, jika kita tidak mengetahui kehendak Tuhan dalam keadaan itu.

Berdoa, “jika itu kehendak-Mu” membawa kita keluar dari posisi aktif percaya dan menempatkan kita dalam posisi pasif menunggu dan membiarkan keadaan mengatur hidup kita.

Jika kita sedang mencari arahan dalam suatu bidang di mana kehendak Allah belum diungkapkan melalui Firman-Nya, maka kita harus berdoa Yakobus 1:5, dan meminta hikmat.

Yakobus 1:5 (TB) Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —, maka hal itu akan diberikan kepadanya.

Maka kita yakin bahwa kita menerima saat kita berdoa, dan dengan pengetahuan itu lanjutkanlah doa kita dengan iman.

Efesus 5:17 (TB) Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

Markus 11:24 (TB) Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

Satu-satunya waktu yang tepat untuk berdoa, “Jika itu kehendak-Mu” adalah ketika kita mengabdikan diri kita pada pelayanan Tuhan, di mana pun atau apa pun itu.

Sumber: Andrew Wommack.

******

Ada saatnya kita tidak tahu apa yang harus didoakan.
Butuh rumah, misalnya. Banyak sekali rumah, di Tangerang contohnya. Ada di daerah BSD, Serpong, Alam sutera dll. Belum lagi jika mempertimbangkan daerah yang lebih luas lagi, hingga ke Jakarta, pilihannya makin banyak.
Lalu bagaimana cara memilih rumah yang sesuai kehendak Tuhan?

Saya belajar, setiap kita punya Wisdom & Knowledge – Hikmat & Pengetahuan, yang sudah kita miliki secara natural.
Apalagi jika kita juga rutin membaca Firman, berdoa & bersekutu dengan Tuhan, tentunya kepekaan kita akan kehendak-Nya terasah dan makin tajam.

Lakukan secara natural, jika seseorang ingin membeli rumah. Keluar lihat-lihat rumah yang kira-kira sesuai dengan keinginan kita. Pertimbangkan harga, lingkungan dan fasilitasnya.
Selama mencari dan melihat, libatkan Tuhan, bekomunikasilah dengan Roh Kudus, Sang Penolong yang diberikan kepada kita.
Berdoalah dalam roh.

Demikian juga Roh [Kudus] MEMBANTU dan menopang dalam kelemahan kita; karena kita tidak tahu, doa apa yang harus dipanjatkan atau bagaimana penyembahan yang layak itu seharusnya, maka Roh Kudus Sendiri yang pergi menghadap Bapa, memenuhi permohonan dan memohon demi kepentingan kita, dengan kerinduan dan rintihan yang tak terkatakan, yang terlalu dalam untuk diucapkan. Roma 8:26 AMPC

John G Lake mengatakan ketika kita berdoa dalam Bahasa Roh, itu Roh Kudus yang sedang menyampaikan doa kepada Allah, melalui mulut kita.

Dan Dia yang menyelidiki hati manusia mengetahui apa yang ada dalam pikiran Roh [Kudus] [apa maksud-Nya], karena Roh bersyafaat dan memohon [di hadapan Allah] Demi Orang-Orang Kudus, doa yang sesuai dan selaras dengan kehendak Allah. Roma 8:27 AMPC

Siapa orang-orang kudus yang dimaksud?
Kita, anak-anak Allah yang sudah Lahir Baru.
Yang sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadinya.

Kami yakin dan mengetahui bahwa [Allah menjadi mitra dalam pekerjaan mereka], maka segala sesuatu bekerja bersama dan [sesuai dengan rencana] untuk mendatangkan kebaikan bagi serta untuk mereka, yang mengasihi Allah serta dipanggil menurut rancangan dan tujuan[Nya]. Roma 8:28 AMPC

Yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah adalah mereka yang sudah menjadi mitra Roh Kudus, yaitu pekerjaannya Tuhan dan sedang menggenapi tujuan serta rancangan Tuhan.

Nach ketika kita berdoa, baca firman, berdoa dalam roh sambil mencari rumah, maka Tuhan akan menuntun, membimbing dan mengarahkan, mana rumah yang paling pas untuk kita.

Tahukah kita, jika kita rutin membangun hubungan (relationship) dengan Tuhan, maka keinginan kita akan sama dengan keinginan Tuhan?

??Psalm? ?37:4? ?AMPC??
Delight yourself also in the Lord, and He will give you the desires and secret petitions of your heart.

Mazmur 37:4 AMPC
Bergembiralah juga karena Tuhan, maka Dia akan mengabulkan keinginan dan permohonan rahasia yang tersimpan dalam hatimu.

Menarik bukan?
Rumah yang kita inginkan, ternyata itu rumah yang memang Tuhan kehendaki bagi kita.

Hhhmmm…. Hidup menjadi so simple ya…. yuk praktik!

Renew your mind to God’s Word… BECOME A BRIDGE that He can flow through from the spiritual realm into the phisical world!

Memperbaharui pikiran selaras dengan Firman Tuhan… MENJADI JEMBATAN di mana Tuhan bisa mengalirkan kekayaan & jawaban doa, dari alam rohani ke dunia jasmani!

YennyIndra
TANGKI AIR & PIPA PVC

MPOIN PLUS & PIPAKU
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

#SeruputKopiCantik
#yennyindra
#InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan
#mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Mengapa Banyak Orang Menyalahkan Tuhan Karena Keadaannya? (Part 1)
Edisi Menyambut Tahun Baru 2023:Artificial Intelligence & Masa Depan Dunia.
DI MANA TUHAN???