Self Motivation, Seruput Kopi Cantik

Bisakah Sabar Dipelajari?

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Bisakah Sabar Dipelajari?

“Aku mau belajar sabar”, ujar seorang teman

“Sabar itu gak bisa dipelajari. Sabar itu buah roh, artinya buah yang dihasilkan dari kedekatan hubungan kita dengan Allah. Semakin dekat seseorang dengan Allah, semakin sabar dia secara alami”, jawabku.

Saya sudah mengalami bertahun-tahun ingin belajar sabar. Latihan sabar. Tetapi hasilnya bukan sabar, tetapi disabar-sabarkan alias ‘ngempet’, kata Orang Jawa. Menyimpan kemarahan dalam hati.
Akibatnya, suatu saat akan meledak dan jauh lebih buruk. Seperti bendungan jebol. Meluap ke mana -mana. Menimbulkan kerusakan yang lebih besar.

Namun orang yang hubungannya dekat dengan Tuhan, – dewasa rohani-, biar pun ada kata-kata menyakitkan, bisa gak ingin marah. Seolah ada jarak, sehingga bisa melihat persoalan dengan tenang. Ada penguasaan diri.

Lebih baik tunggu waktu yang tepat, bicarakan dengan baik-baik dan temukan solusi yang lebih bijak.
Di saat lainnya, merasa tidak perlu dipersoalkan, ya sudah…biarkan saja.
Ada hal-hal yang memang tidak bisa dibahas karena yang dihadapi memang pemahamannya hanya segitu. Wasting time untuk membahasnya Jadi perlu waktu bagi orang itu untuk mengerti.

Apa saja buah roh itu?
Kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Firman Tuhan ditanam, hubungan pribadi dekat dengan Tuhan, maka buah karakter ini muncul secara alami.

Pernah memperhatikan ga, ketika seseorang mengenal Tuhan, ciri utamanya adalah ingin memberi. Karena kasih itu memberi dan murah hati.
Memberi bukan karena ingin mendapatkan balasan puluhan kali lipat, namun karena kebaikan hati yang muncul saat kasih Tuhan menguasai hatinya.

Ciri lainnya, hidupnya penuh sukacita dan damai sejahtera. Rasanya senang berdekatan dengannya.
Kata-katanya positif dan memotivasi.

Ingin hidup seperti itu?
Mari dekatkan hidup kita dengan Tuhan, lahap firman-Nya dan jadilah pelaku firman.

He who is slow to be angry has great good sense; but he whose spirit is over-quick gives support to what is foolish.

Orang bijaksana tidak cepat marah; orang bodoh tidak dapat menahan dirinya.

YennyIndra
TANGKI AIR & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Covid Hingga Batuk Berdarah? Mana Bisa Survive? Simak Kisahnya!
Lari Dari Masalah.
What is Happiness