Articles, Relationship, Self Motivation

Hubungan & Integritas.

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Hubungan & Integritas.

Masih menyambung artikel *Getting To The Next Level,* saya merenungkan hal yang baru namun berkaitan: ‘membantu orang lain, tidak selalu berupa materi.’.

Di doa pagi ada teman yang minta didoakan, solusi untuk tagihan rumah sakitnya yang tidak mampu dibayar. Saya selalu berpikir, jika ada yang minta didoakan, tidak hanya selesai setelah didoakan tetapi bertanya kepada diri sendiri, apakah ada sesuatu yang perlu ditindaklanjuti?

Keberhasilan itu Tidak Otomatis! Perlu ada Firman yang dimengerti & dipahami, lalu dikerjakan dengan iman.
Anugerah sudah dikaruniakan Allah kepada orang percaya yang menerima-Nya, tetapi untuk menikmatinya di alam natural, perlu diterima dengan iman. Itu prinsipnya.

Setelah saya chat, ternyata tagihan besar itu dalam USD, karena si bapak saat itu sakitnya di Amerika.
Sengaja saya tulis, menjadi reminder bagi kita semua, klo mau liburan ke luar negeri, jangan lupa beli *Travel Insurance*. Memang sich belum tentu dipakai, malahan nyaris gak pernah dipakai tetapi saat sesuatu terjadi, biaya rumah sakit di negara maju sangat mahal. Klo ga ada asuransi yang cover di luar negeri, better beli Travel Insurance jauh lebih murah.

“Gak beriman dong B. Yenny?”
“Itu namanya berhikmat. Raja Salomo mengajarkan: pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:
biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.
Jika semut saja tahu berjaga-jaga, masa manusia yang pintar justru memilih bersikap sembrono? Ignore itu bukan beriman!”

Meski asuransi saya cover hingga Amerika, tetapi dari pengalaman, 2x perlu ke rumah sakit, hanya karena butuh pengobatan biasa sich… yg sekali full gratis, yang sekali lagi perlu bayar. Prosedur untuk klaim saat masih di US lumayan ribet juga komunikasinya dengan agent di Indonesia. Ga bisa di semua rumah sakit pula.

Saya mencoba cari info ke Melany yang biasa saya panggil Yani, sahabat yang sudah 25 tahun stay di US bahkan sudah menjadi US Citizen, warga negara Amerika.
Yani memberikan info dari pengalamannya di Los Angeles, California di mana dia tinggal, lengkap dengan apa yang dia tahu di negara bagian lainnya. Sengaja saya ajak teman ini conference call bertiga, agar bisa komunikasi langsung dengan Yani.

Yang menakjubkan, keesokan paginya, saya lihat chat masuk dari Yani yang memberikan info tambahan.
Ternyata Yani rela bersusah payah mencarikan info, kira-kira pilihan solusi apa yang bisa diambil untuk di negara bagian di mana teman ini mengalami masalah.
Wow…..
Infonya jika ada visa turis, masuk Emergency Room-IGD, gratis. Tetapi klo rekomendasi dokter, mesti beli asuransi.
Atau yang tidak ada asuransi, masuknya ke General Hospital, gratis. Itu rumah sakit tempat praktek mahasiswa kedokteran. Teman ini disarankan mengurus keringanan ke Social Worker.

Yani ‘walk the talk’, janji mau bantu dan betul-betul dilaksanakan. Bukan sekedar basa-basi.
Ini betul-betul sikap yang perlu diteladani, mencerminkan karakter seseorang yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan. Betul-betul peduli terhadap orang lain.

Di sisi lain, ini merupakan bukti bahwa menolong orang lain tidak hanya berupa uang atau materi.
Dan sesungguhnya, setiap kita bisa menjadi solusi atau jawaban doa orang lain.

“B. Yenny itu kan biasa? Cuma kasi info saja!”

Belajarlah jadi pribadi yang menghargai hal-hal kecil dan bersyukurlah. Jika ada teman yang berbaik hati, rela berkorban bagi kita, hargai dan syukuri. Artinya, Tuhan menempatkan kita di tengah-tengah orang-orang yang mengasihi kita.
Belum tentu lho, seseorang minta pertolongan, lalu orang lain bersedia membantu. Bahkan ada, yang meski harus bayar, dikerjakan setengah hati.

Hubungan itu dibangun. Jangan asal ada butuhnya saja baru mendekati seseorang.
Yani itu sahabat setia sejak kami kuliah. Setiap saya melahirkan, Yani selalu menemani. Setelah anak-anak saya lahir, pagi-pagi Yani datang membawakan jamu. Satu-satunya yang begitu perhatian… dan konsisten.

Saat putra saya ke US, butuh beli sesuatu yang mahal, Yani melarang saya membeli langsung dan menyarankan menggunakan namanya dengan menggunakan Social Security Numbernya sebagai jaminannya. Karena Yani warga negara US, ada special price dan dibayar cicilan.
Itu kepercayaan besar, karena sangat beresiko bagi Yani, jika saya sampai meleset atau tidak tertib.
Sejarah perjalanan panjang hubungan kami, dan sama-sama menjaga integritas, sehingga memudahkan perjalanan hidup kami. Butuh sesuatu, selalu ada yang siap menolong.

Mari kita membangun kehidupan yang penuh integritas dan bisa dihargai. Keteladanan bagi anak cucu.
Yuk… kita laksanakan!

God put you on this earth, and he has a message he wants to declare to the worlf through you – Rick Warren.

Tuhan menempatkan kita di bumi ini, dan Dia memiliki pesan yang ingin Dia nyatakan kepada dunia melalui kita – Rick Warren.

YennyIndra
TANGKI AIR *ANTI VIRUS* & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
THE REPUBLIC OF SVARGA
SWEET O’ TREAT
AESTICA INDONESIA – AESTICA ID
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

#seruputkopicantik
#yennyindra
#InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan
#mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Sudahkah Kita Tahu Harta Karun Yang Dimiliki Saat Lahir Baru?
Impulsive Desire
Sepeda dan Tuhan. Apa Korelasinya?