Articles

Edisi Menyambut Tahun Baru 2023:Artificial Intelligence & Masa Depan Dunia.

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Edisi Menyambut Tahun Baru 2023:
Artificial Intelligence & Masa Depan Dunia.

“Ma, nonton ini, tentang Artificial Intelligence… Jadi mama tau dunia ke depan itu seperti apa?,” kata Elisa, putri saya.

Ketika menontonnya, sungguh membuat terpesona.
Perang jaman sekarang adalah perang teknologi. Yang utama, tentang Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Yang jagoan, yang akan menguasai dunia. Tentu antara Amerika VS China.

Dampaknya? 50% pekerjaan, profesi, bisnis akan raib tak berbekas 15 tahun mendatang. Bahkan dicanangkan mulai th 2030, China sudah dimulai menguasai dunia.

Alpha Go mesin games yang dikembangkan oleh Google, meneliti puluhan ribu permainan games catur china, dan Artificial Intelligence (AI) ini bisa belajar dari ribuan games, mempelajari strateginya, lalu mendidik dirinya sehingga dia bisa mengalahkan maestro catur china tsb, dengan langkah yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Itulah kehebatan AI. Terbukti AI bisa mengolah jutaan data dalam sekejap melampaui otak manusia dan bisa memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.

Penerapannya dalam kehidupan saat ini, truk trailer besar tanpa driver sudah dicoba dan berhasil dengan sangat baik. Mereka yakin dengan AI, hasil dan ketepatannya, jauh lebih baik daripada driver manusia. Packing barang sudah dilakukan secara otomatis oleh robot. Tenaga manusia ada sakit sakit, ijin melahirkan, keperluan keluarga dll tetapi robot bisa kerja 24 jam tanpa lelah.

Di tengah puluhan ribu orang yang sedang lalu lalang di Shanghai, kamera mengamati aktivitas dan gerak gerik mereka satu persatu. Dari perilaku merekalah diciptakan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan, AI) yang bahkan bisa berpikir, bertindak dengan lebih baik daripada manusia. AI mengubah peradaban manusia.

“Kita browsing google mencari sesuatu, tidak pernah terpikirkan bahwa google pun mengamati kita,” ujar sang narator.

Di China, AI diimplementasikan sedemikian cepatnya, hingga mereka nyaris sudah tidak menggunakan uang lagi, wechat sebagai gantinya. Berbelanja dengan mandiri, tanpa penjaga lagi. HP menjadi sangat penting. Efisien, cepat dan terukur.
Hebatnya lagi, konon di Beijing dengan AI seseorang bisa berbelanja hanya dengan senyuman. Data dirinya sudah terekam lengkap dan bisa dikenali dalam 0.1 detik. Inilah penerapan AI di bidang komersial… Wow…


Lalu bagaimana kehidupan manusia di masa depan? Banyak hal-hal yang tak terbayangkan. Dan menimbulkan ketakutan pula. Perasaan tidak aman.

Sebuah buku lawas menulis, banyak orang takut, galau, bagaimana kalau sumber minyak bumi habis?
Darimana manusia mendapatkan energi prengganti?

Sesungguhnya, Tuhan tidak pernah kekurangan cara untuk memenuhi kebutuhan manusia. Saat sebuah sumber habis, akan ditemukan sumber lainnya.
Pikiran Allah Sang Pencipta, jauh melampaui pikiran manusia, yang otaknya hanya sebesar kacang.

Terbukti, maraknya mobil listrik sebagai ganti bensin. Kreatifitas dari Allah tak terbatas.
Bahkan beberapa hari lalu media mengabarkan ‘RI Punya ‘Harta Karun’ 2 Milliar Ton Emas di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB)’.
Emasnya sudah tersedia lama, hanya butuh hikmat Tuhan untuk menemukannya.


Alkisah seorang Nabi bernama Yeremia, memperingatkan Raja Zedekia: ”Beginilah firman Tuhan: Jika engkau keluar menyerahkan diri kepada para perwira raja Babel, maka nyawamu akan terpelihara, dan kota ini tidak akan dihanguskan dengan api; engkau dengan keluargamu akan hidup. Tetapi jika engkau tidak menyerahkan diri kepada para perwira raja Babel, maka kota ini akan diserahkan ke dalam tangan orang-orang Kasdim yang akan menghanguskannya dengan api; dan engkau sendiri tidak akan luput dari tangan mereka.”

Raja Zedekia sesungguhnya percaya, tetapi takut kepada para pemimpinnya, yang menganggap Nabi Yeremia melemahkan semangat para prajurit, sehingga Yeremia ditangkap, dimasukkan ke dalam sumur kering dan dibiarkan agar mati.

Ada seorang sida-sida di istana raja, bernama Ebed-Melekh, seorang Etiopia, yang mendengarnya, meminta ijin kepada sang raja, untuk menyelamatkan Nabi Yeremia. Suatu perbuatan yang baik di mata Tuhan.

Pada tahun ke 9 pemerintahan Raja Zedekia, apa yang dinubuatkan Yeremia terjadi. Raja Babel menyuruh menyembelih anak-anak Zedekia di depan matanya; juga semua pembesar Yehuda disembelih oleh raja Babel. Kemudian mata Zedekia dibutakannya, lalu ia dibelenggu dengan rantai tembaga untuk dibawa ke Babel. Orang-orang Kasdim membakar istana raja dan perumahan rakyat dengan api.

Di tengah kekacauan itu, Tuhan berfirman kepada Ebed -Melekh melalui Nabi Yeremia,
Pada saat ini juga, demikianlah firman Tuhan, Aku akan melepaskan engkau, dan engkau tidak akan diserahkan ke dalam tangan orang-orang yang kautakuti, tetapi dengan pasti Aku akan meluputkan engkau: engkau tidak akan rebah oleh pedang; nyawamu akan menjadi jarahan bagimu, sebab engkau percaya kepada-Ku, demikianlah firman Tuhan.”

Pelajarannya, situasi bisa kacau balau dan tidak menyenangkan. Dengarkan apa kata Tuhan meski seolah tidak masuk akal, menyerah menjadi tawanan koq justru selamat. Dan taati.
Ketika seseorang melakukan hal yang benar seperti Ebed-Melekh, ada upah besar menanti.
Takut kepada manusia, membuat Raja Zedekia tidak menaati Allah, akhirnya menjadi penyebab kehancurannya.

Takut menghadapi Tahun Baru 2023 dengan segala prediksi buruk dari para pakar berbagai bidang?
Saya hanya berpegang satu hal, ada perbedaan bagi otang-orang yang sungguh-sungguh beribadah kepada-Nya dengan yang tidak.

Mari kita sungguh-sungguh melekat kepada Allah. Secanggih apa pun dunia nantinya, setiap orang tetap punya batas waktu hidup di dunia ini. Oneday tetap kembali kembali kepada-Nya.
Dia Allah, yang melampaui segala pengetahuan manusia. Tidak ada sesuatu yang mengejutkan-Nya. Dia tahu jalan keluar terbaik bagi kita, di tengah-tengah kecanggihan dunia.
Setuju?

Until you learn how to depend on God, you will continue to be lost in this world. – Crefo Dollar

Sampai Anda belajar bagaimana bergantung pada Tuhan, Anda akan terus tersesat di dunia ini. -Crefo Dollar

YennyIndra
TANGKI AIR ANTI VIRUS & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
PRODUK TERBAIK-
PEDULI KESEHATAN

SeruputKopiCantik

yennyindra

InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan

mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
MEMBANGUN KEBAHAGIAAN
“Tidak Ada Penghukuman.”
Cermin & Saya: Lho Apa Hubungannya?