Articles, Self Motivation

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KEHENDAK ALLAH?

.

Setiap orang yang mengaku beriman dan mengenal Tuhan, pernah berdoa. Bahkan yang sungguh-sungguh cinta Tuhan akan menjadikan doa menjadi bagian kehidupannya yang penting dan tak terpisahkan. Namun tidak sedikit yang pada saat-saat tertentu merasa galau, termasuk saya: Bagaimana mengetahui dengan penuh keyakinan bahwa ini adalah kehendak Allah bagi hidup kita?

.

Jika kita yakin bahwa kita berjalan di jalan pilihan Allah, tentunya saat menghadapi tantangan seberat apa pun, kita tidak perlu kuatir. Bukankah jika Tuhan di pihak kita, tidak ada seorang pun yang dapat melawan kita?

Namun saat kita tidak sungguh-sungguh yakin, lalu tantangan dan rintangannya terlalu berat menurut ukuran kita, seringkali kita galau. Bahkan berpikir untuk berbalik arah.

.

.

Suatu ketika Tuhan berkata, “Mintalah, maka kamu akan menerima”.

Bukankah Tuhan Mahatahu, mengapa kita harus meminta? Mengapa Tuhan tidak memberikan saja apa yang terbaik untuk kita?

Ternyata perintah ini diberikan bukan supaya Tuhan mengetahui apa yang kita inginkan, melainkan agar kita memiliki gambaran, apa yang sesungguhnya kita inginkan.

.

Keinginan dan talenta kita adalah petunjuk Tuhan tentang rancanganNya atas hidup kita. Setiap orang memiliki mimpi, kesukaan dan keinginan yang berbeda. Apa yang membuat seseorang bahagia juga berbeda dengan lainnya. Ketika kita mengungkapkan permintaan kita dalam doa kepada Tuhan, kita akan memiliki gambaran yang jelas apa yang kita inginkan. Itulah sebabnya kita perlu berdoa secara spesifik. Misalnya, kita minta rumah tepi pantai. 3 kamar tidur, dengan halaman yang luas dan ada kolam ikannya. Dengan gambaran yang  jelas, maka ketika ditawari rumah cantik di pegunungan, kita tahu itu bukan rumah impian kita. Demikian pula saat ada rumah tepi pantai yang cocok dengan kriteria namun hanya memiliki 2 kamar tidur, kita tahu itu juga tidak sesuai. Ketika akhirnya menemukan rumah pantai dengan 3 kamar tidur lengkap dengan kolam ikannya, kita bisa yakin memang inilah rumah idaman kita.

.

.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui bahwa  memang benar ini kehendak Allah? Bisa saja permintaan kita ternyata tidak sesuai dengan kehendakNya. Tuhan berkata pula bahwa:

Tuhan menetapkan langkah-langkah orang ,

yang hidupnya berkenan kepadaNya.

Apabila ia jatuh,

tidaklah sampai tergeletak,

sebab TUHAN menopang tangannya.

.

Tuhan berjanji untuk mengarahkan langkah-langkah kita ketika kita sedang dalam proses merencanakan dan mencari ‘rumah pantai’ idaman kita. Bukankah pantai ada di mana-mana? Namun jika kita terus membangun hubungan yang dekat denganNya, Tuhan akan mengarahkan kita pada pilihan yang benar. Tuhan akan mempertemukan kita dengan orang-orang, kesempatan  yang pada akhirnya akan menunjukkan kita pada pilihan yang benar. Tidak ada kebetulan di dunia ini. Jika kita ‘kebetulan’ menemukan lokasi yang sesuai dengan sebagian besar keinginan kita, hati kita juga damai dan sejahtera, ada kesepakatan diantara suami istri, itu Tuhan yang melakukannya. Tanda bahwa inilah tempat yang Tuhan sediakan bagi kita. Bagi anak muda yang sedang mencari jodoh, restu orang tua dan pemimpin rohani juga merupakan petunjuk Tuhan.

.

.

Mungkin saja kita tidak 100% mendapatkan persis dengan keinginan kita. Mungkin yang kita dapatkan bukan kolam ikan melainkan kolam renang, karena Tuhan melihat anak kita suka berenang. Namun lebih mudah bagi Tuhan mengarahkan saat kita tahu apa yang kita inginkan.

Orang yang tidak mengetahui apa yang dia inginkan, maka dia tidak akan memperoleh apa-apa. Tuhan berkata:

.

“Hendaklah ia memintanya dalam iman,

dan sama sekali jangan bimbang,

sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut,

yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.

Orang yang demikian janganlah mengira,

bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.”

.

Ketika kita tidak tahu yang kita inginkan, saat kita menemukan rumah pantai 3 kamar dengan kolam yang sempurna pun kita tidak tahu bahwa sesungguhnya Tuhan sudah menjawab keinginan hati kita. Akibatnya kita melewatkannya dan terus mencari yang lain. Tetapi karena kita tidak tahu apa yang kita inginkan, akibatnya kita tidak pernah menemukannya.

.

Penting di garis bawahi bahwa Tuhan menetapkan langkah-langkah orang. Artinya Tuhan mengarahkan saat kita mulai melangkah. Ketika kita bertindak dengan iman, maka disitulah Tuhan mengatur dan mengarahkan langkah kita ke arah yang benar.

.

.

Apakah kita bisa salah? Tentu saja bisa. Ketika kita menemukan rumah pantai 3 kamar lengkap dengan kolam cantik, namun kita sudah mendapat informasi bahwa di lokasi tersebut tidak aman, banyak perampokan,  itu artinya bukan kehendak Tuhan. Tuhan memberi kita kemampuan untuk berpikir logis. Masih banyak rumah pantai 3 kamar lainnya. Jika kita tetap nekad membelinya, itu artinya bodoh.  Tuhan sudah memberi peringatan namun kita tetap melawan, tentunya saat terjadi perampokan kita tidak bisa menyalahkan Tuhan.

.

Prinsip-prinsip sederhana ini bisa menolong kita untuk menjalani kehidupan ini dengan lebih cerdik  dalam mengikuti kehendak Allah. Selamat mencoba. Tuhan memberkati.

.

Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala,

sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

The Book of Matthew

.

Oleh: YennyIndra

.

Bibliografi:

Jose Carol – JPCC 2010: “May All Your Wishes Come True”

.

Photo: Elim Evangelical Free Church – GOD’S WILL: Which Way Should I Go?elimefc.com

Ask and You Shall Receive « FruitfulistaFruitfulistawww.fruitfulista.com

Book Detailswww.authorhouse.co.uk

2Believe Ministries Blog: Lean not on your own understanding?2believeministries.blogspot.com

Daily Good News Reflectionsgoodnewsreflections.blogspot.com

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
“Apa yang ada didalam hati Anda?”
Mengubah Pola DOA.
“Pekerjaan Telah Selesai!”

Leave Your Comment