Articles, Self Motivation

Kata Tuhan : DILARANG BODOH!


Berita hari ini, 25 juli 2012 di koran jawa Pos : Puluhan Nasabah Serbu PT. FM. Berkedok investasi, raup Rp 1,3 Triliun, kantor disegel Polsek. Kembali berita penipuan investasi terkuak. Sebelumnya sederet penipuan investasi serupa terjadi di negara kita sejak bertahun-tahun yang lalu: Seven-Diamonds, Gold-Coin, Swisscash, dan sejumlah investasi lokal serupa dengan berbagai nama.

.

Apakah penipuan ini sesuatu yang baru? Ternyata tidak. Skema penipuan ini pertama kali diciptakan oleh orang yang bernama Charles Ponzi pada tahun 20-an sehingga dinamakan dengan Skema Ponzi.

.

Menurut Wikipedia, Skema Ponzi adalah penipuan investasi operasi yang membayar kembali kepada investor dari uang mereka sendiri atau jumlah yang dibayarkan oleh investor berikutnya, bukan dari keuntungan yang diperoleh oleh individu atau organisasi yang menjalankan operasi. Skema Ponzi biasanya membujuk investor baru dengan menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan investasi lain, dalam bentuk jangka pendek tingkat pengembalian yang baik abnormal tinggi atau luar biasa konsisten. Kelangsungan keuntungan tinggi membutuhkan aliran terus meningkat uang dari investor baru untuk menjaga skema terjadi.

.

Pertanyaannya: Mengapa penipuan yang sudah dimulai sejak tahun 20-an bisa terus berlangsung hingga 90 tahun kemudian?
Jawabnya karena kita Bodoh. Kita tidak mau belajar. Tuhan berkata, umatKu binasa karena tidak berpengetahuan. Sesungguhnya pengetahuan ada di mana-mana: buku-buku, seminar, berita, internet dan sumber lainnya, tetapi kita enggan untuk belajar. Kita lebih suka iming-iming keuntungan mudah dalam waktu singkat daripada harus bekerja keras dengan tekun untuk memperoleh hasil.

.


.

Penyebab yang ke dua, karena kita berteman dengan orang bodoh. Pernahkah kita menyadari bahwa biasanya kita ikut investasi seperti itu karena bujukan teman. Biasanya teman kita baik, sehingga kita percaya. Teman kita tidak bermaksud menipu atau menjerumuskan kita. Bahkan dia sendiri ikut tertipu. Tetapi karena dia bodoh juga maka dia tertipu, sama seperti kita. Firman Tuhan berkata, Orang yang bergaul dengan orang bijaksana, akan menjadi bijaksana; orang yang bergaul dengan orang bodoh, akan celaka.

.

Karena kita bodoh, tidak mau belajar-lalu kita bergaul dengan teman yang bodoh pula, akibatnya kita menjadi celaka. Karena itu Tuhan berkata: DILARANG BODOH! Dengan kata lain, bodoh itu ‘dosa’.

.

Mari kita meningkatkan diri dengan rajin belajar dari berbagai sumber pengetahuan yang berguna dan memilih teman-teman yang bijaksana, maka Tuhan sudah berjanji akan memberikan kepada kita masa depan yang penuh harapan. Dengan petuah-petuah ini orang bijaksana pun akan bertambah pengetahuannya, dan orang yang telah berpendidikan akan mendapat bimbingan.

.

OLEH: YENNY INDRA & CHRISTIAN PURNOMO


.

Skema Ponzi diambil dari Wikipediahttp://en.wikipedia.org/wiki/Ponzi_scheme 25 juli 2012

Foto dari:

http://backstage.blogs.com/.a/6a00d8341c9cc153ef0148c7564c97970c-popup

http://www.quotepictures.net/good-friends-dont-let-you-do-stupid-things-alone/

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
“Dapatkah Anda melihat yang tak terlihat?”
How To Dance In The Rain…
“Apakah INJIL Itu?”

Leave Your Comment