Articles

Serba Serbi Gosip & Hutang

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Serba Serbi Gosip & Hutang

“Bu Yenny, saya kecewa sekali dengan teman-teman, ketika mereka tahu koq semua diam saja. Saya yang terakhir kena. Seluruh tabungan hari tua, saya pinjamkan kepada Betty karena dia kan orang penting di komunitas. Sejak puluhan tahun lalu terkenal sebagai pengusaha kaya, sohib Pak ketua, ” ujar Shinta sambil menghela nafas panjang,
“Ani yang kena pertama kali. Kalau saja Ani mau bercerita pada teman-teman, yang lain bisa terselamatkan.”

Kami satu komunitas yang beranggotakan sekitar 200-an orang. Seperti biasa saya kerap pindah-pindah kota, dan sudah keluar dari Jawa Tengah puluhan tahun lalu, sehingga tidak aktif di sana. Sekedar menjadi anggota pasif.

Ketika saya tanyakan ke Ani, mengapa dia tidak menceritakan kepada teman-teman tentang Betty,
dia menjawab,
“Suamiku melarang. Jangan cerita-cerita, nanti dianggap menggosip. Anak-anak Tuhan jangan menyebarkan gossip. Apalagi Betty orang penting. Sohib Pak Ketua.”

Akibatnya Ani diam. Rupanya teman-teman lainnya juga demikian. Ini benar-benar komunitas orang-orang yang cinta Tuhan, semua takut dianggap ‘menggosip’…. Semua rohani dan tutup mulut.
Akibatnya, Betty dengan leluasa berhasil meminjam uang, nyaris kepada sebagian besar anggota komunitas, hingga saat meledak, hutang yang tidak terbayar lebih dari 5 Milyar.

Alamaaak…..
Speechless…. Saya yang dicurhati gak tau mesti berkomentar apa?
Sejujurnya, saya juga termasuk yang takut ngomongin orang lain, kuatir dianggap menggosip. Tiap hari ngomongin firman koq ngomongin orang.

Sampai kalau ingin minta pendapat teman dekat, saya tunjukkan chat saya dengan teman yang bermasalah, supaya teman saya bisa melihat secara netral kasusnya, melihat baik dari sisi saya mau pun sisi lawan, dan bisa memberikan pendapat yang jujur.

Kalau ada data-data otentik, saya sertakan sedetil mungkin, supaya yang saya sampaikan, semaksimal mungkin sesuai fakta. Bukan pendapat atau persepsi saya sendiri. Saya tidak menggosip.
Yang dicari itu solusi….

Istilah gossip ini betul-betul menakutkan rupanya…
Setelah kasus meledak, terbuka, sebagian besar teman-teman menyayangkan diamnya Ani, juga teman-teman yang kena lebih awal, koq ya semua tutup mulut dan tidak memperingatkan teman lain, sehingga Betty leluasa berhutang ke kanan kiri, hingga rentang waktu cukup lama, pada akhirnya tidak mampu membayar.
Semua sadar ketika rumah Betty akan disita bank dan harus pindah.

DIEEEEENK…..


Saya merenung.

What is Gossip? A person who habitually reveals personal or sensational facts about others. Rumor or report.
Apa itu Gosip? Seseorang yang biasa mengungkapkan fakta pribadi atau sensasional tentang orang lain. Rumor atau laporan.

Gossip menurut the Oxford Dictionary: casual or unconstrained conversation or reports about other people, typically involving details that are not confirmed as being true;
Percakapan atau laporan santai atau tanpa kendala tentang orang lain, biasanya melibatkan detail yang tidak dikonfirmasi kebenarannya.

Menurut Wikipedia, Gosip, gibah, atau gunjing adalah sebuah obrolan atau rumor kosong, yang biasanya berkaitan tentang urusan pribadi atau orang lain.

Setelah membaca ulang definisi gosip, sesungguhnya jika yang kita sampaikan itu sebuah fakta, – bukan rumor kosong – , apalagi didukung bukti yang kongkrit, itu bukanlah gosip.

Belajar dari peristiwa ini, alangkah baiknya kita bisa menceritakan apa yang kita alami, tanpa ada motivasi untuk menjatuhkan Betty, tetapi untuk mengingatkan teman-teman lain, agar tidak mengalami kerugian yang sama. Perlu berdoa terlebih dahulu, minta hikmat Tuhan agar bisa menceritakannya dengan bijak.


Entah apa ‘dosa’ nya Tuhan, gara-gara kasus Betty beberapa orang teman jadi marah kepada Tuhan. Ogah beribadah… Karena Betty dan suami, memegang jabatan tertentu di gerejanya, meski sekarang tidak lagi.

“Waktu kamu memberi pinjaman uang, sudah tanya Tuhan belum?”, tanya saya,
“Aneh sekali, kamu minjemin duit, tanya Tuhan juga enggak. Lha karena Betty pegang jabatan tertentu, yang memberi jabatan juga ketuanya, bukan Tuhan, Betty yang ga bayar hutang koq jadi Tuhan yang dimusuhi?”

Logikanya di mana coba?
Tapi ternyata banyak yang begitu. Tuhan yang dijadikan kambing hitam.

Pengalaman buruk terjadi, karena dunia ini memang sudah jatuh ke dalam dosa. Berbagai masalah dengan bermacam-macam penyebabnya terjadi. Jika kita stop di sini, mandeg dan kecewa. Hidup kita pun mandeg. Gak ke mana-mana. Terpuruk.
Sebaliknya, jika kita bersedia menyerahkannya ke dalam tangan Tuhan, belajar dari kesalahan, maju bersama-Nya, Tuhan akan membimbing kita naik ke tempat yang tinggi, melampaui apa yang bisa kita pikirkan mau pun bayangkan.
Dia Allah, apa yang mustahil bagi-Nya?


Semua orang terlihat seperti malaikat, sampai kita berhubungan dengannya soal uang, barulah kita bisa mengetahui karakternya yang asli.

Sejak 35 tahun lalu, Bu Maria Kusumo mengajari saya untuk tidak memberi hutang kepada siapa pun.
Prinsip ini benar-benar menyelamatkan saya dari berbagai masalah dan dari ribuan pertempuran yang tidak perlu.

Banyak sekali pertemanan yang hubungannya jadi tidak harmonis, bahkan putus, gara-gara meminjamkan uang. Biasanya justru dengan teman dekat atau saudara.
Prinsipnya, kalau meminjamkan, harus rela jika tidak dikembalikan.
Jadi pertimbangkan jumlahnya masak-masak.
Gak worth it kalau kehilangan teman atau saudara, gara-gara uang.

Saya pribadi lebih suka kasi saja serelanya.
Mau, monggo diambil. Gak mau, ya gapapa.
Lebih plong.
Kalau judulnya pinjam, biar pun kita rela ga dibayar, mungkin teman itu jadi sungkan kalau bertemu. Tapi ada juga yang cuek saja, seolah gak berdosa.
Janji pinjam sebulan, ternyata jadi bertahun-tahun. Bahkan ada yang tidak membayar, tetap santai…
Menjengkelkan bukan?

Tuhan bilang, cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.
Mari kita bijak dalam membawa diri, mengambil keputusan dan jangan lupa libatkan Tuhan dalam segala sesuatu yang kita lakukan.

What can be added to the happiness of a man who is in health, out of debt, and has a clear conscience?- Adam Smith

Apa yang dapat ditambahkan pada kebahagiaan seorang yang sehat, bebas hutang dan memiliki hati nurani yang bersih? – Adam Smith

YennyIndra
TANGKI AIR ANTI VIRUS & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
PRODUK TERBAIK-
PEDULI KESEHATAN

SeruputKopiCantik

yennyindra

InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan

mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
“Beberapa pemikiran tentang penyembuhan.”
“FONDASI.”
Prinsip Ya & Tidak Dalam Meraih Kesuksesan.