Articles, Travelling

Diocletian’s Palace, Split.

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Diocletian’s Palace, Split.

Split, kota yang berada di tepi laut yang indah. Banyak kapal-kapal dan perahu bersandar di tepi pantai. Old Town dan New Town berada berjejer di tepi laut yang sama. Kelihatan dari model bangunannya saja.

Istana Diocletian,tujuan utama saat kami tiba di Kota Split. Merupakan salah satu monumen arsitektur Romawi yang paling terpelihara di dunia. Istana Kaisar dibangun sebagai kombinasi dari villa mewah – rumah musim panas dan kamp militer Romawi (castrum), dibagi menjadi empat bagian dengan dua jalan utama. Bagian selatan Istana, dalam skema ini, dimaksudkan untuk apartemen Kaisar dan upacara pemerintahan dan keagamaan yang tepat, sedangkan bagian utara adalah untuk penjaga Kerajaan – militer, pelayan, penyimpanan dll.

Di dalam kompleks istana ada 1000 orang yang tinggal di sana. Di bagian dalam istana, banyak pedagang souvenir berjualan. Sebagian sudah berupa reruntuhan. Di tempat ini pula sang raja menghabiskan masa tua hingga meninggal.

Di luar Golden Gate Diocletian’s Palace, terdapat patung Bishop Gregory of Nin yang berdiri dengan dengan tangan kirinya memegang alkitab, sementara jari telunjuk tangan kanan menunjuk ke langit.

Bishop Nin terkenal karena pada jaman itu Misa diselenggarakan dalam Bahasa Latin. Bishop Nin bersikukuh menyelenggarakan Misa dalam Bahasa Croasia. Bahkan beliau yang menterjemahkan Alkitab ke dalam Bahasa Croatia, meski ditentang oleh Paus. Karena Bishop Nin, kekristenan menjadi lebih kuat dalam Kerajaan Croatia.

Para pengunjung percaya jika menyentuh kaki patung Bishop Gregory of Min akan beruntung. Itulah sebabnya jari kaki patung Bishop sampai berwarna kuning keemasan karena seringnya dielus para pengunjung.

Yang paling unik di Diocletian’s Palace, ada bagian gedung berbentuk bulat seperti sumur. Atapnya pun berlubang berbentuk bulat. Jika foto diambil dengan posisi tepat, akan kelihatan ujung menara Cathedral di lingkaran atapnya…
Tidak mudah mengabadikannya… Untunglah akhirnya P. Indra bisa. Demikian juga beberapa teman lain juga.
Kami saling berbagi, belajar & tertawa bersama menikmati kegembiraan hidup di dunia yang hanya sementara.
Nach ini baru keren!!!

Travel isn’t always pretty. It isn’t always comfortable. Sometimes it hurts, it even breaks your heart. But that’s okay. The journey changes you; it should change you. It leaves marks on your memory, on your consciousness, on your heart, and on your body. You take something with you. Hopefully, you leave something good behind.– Anthony Bourdain

Perjalanan tidak selalu menyenangkan. Tidak selalu nyaman. Terkadang sakit, bahkan menghancurkan hatimu. Tapi tidak apa-apa. Perjalanan mengubah Anda; itu akan mengubah Anda. Meninggalkan bekas pada ingatan Anda, pada kesadaran Anda, di hati Anda, dan di tubuh Anda. Anda membawa sesuatu. Semoga Anda meninggalkan sesuatu yang baik.- Anthony Bourdain.

YennyIndra
TANGKI AIR & PIPA PVC
MPOIN PLUS
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Grossglockner Jalan Keren Berkelok-kelok & Kaizer Franz Joseph Glacier.
2 Kali Bertemu Full Team MANCHESTER UNITED? Berlapis Mujijat Yang terjadi Wow…
Kota Putih di Serbia.