Articles, Travelling

The Amazing Dubrovnik.

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

The Amazing Dubrovnik.

Kota ini unik sekali. Untuk menuju ke sana harus melewati border (perbatasan), check paspor keluar dari Croatia, melewati lewat Bosnia, barulah masuk lagi ke kota Dubrovnik, yang merupakan daerah Croatia. Satu-satunya yang terpencil di ujung selatan.

Sepanjang perjalanan pemandangan indah. Melewati Laut Adriatic dengan pulau kecil ditengahnya. Bahkan di toilet stop, kami sudah sibuk berfoto-ria.
Grup kami begitu akrab, kompak & penuh canda tawa ria. Daisy, Tour Leader kami juga cantik & ramah. Lengkap & menyenangkan.

Dubrovnik dulunya adalah pusat dari Republik Ragusa Dari tahun 1358 sampai 1808 ketika dikuasai oleh Napoleon Bonaparte. Republik Ragusa meski kecil namun mampu tetap merdeka sekian lama karena mereka memiliki politisi yang cerdik dan pintar bernegosiasi. Padahal di balik bukit Dubrovnik, terletak Bosnia Herzegovina yang negara muslim, sedangkan sisi lainnya Venesia dari Italia yang negara kristen. Selain itu Republik Ragusa mempunyai emas putih, yaitu garam, yang sangat berharga pada waktu itu, sehingga  mereka menjadi negara kaya. Bisa memberi uang pada Bosnia mau pun Venesia saat bernegosiasi. Itulah sebabnya, seluruh kota dikelilingi oleh dinding tinggi yang terkenal dengan Dubrovnik Wall untuk menjaga keamanan. Sekarang Dubrovnik menjadi bagian dari Negara Croatia.

Dubrovnik pernah hancur saat Croatia melepaskan diri dari Yugoslavia. Ada seorang seniman Ivo Grbi, namanya. Yang memenangkan beberapa penghargaan, hingga dianugerahi Lifetime Achievement tahun 2002. Rumah dan gallerynya terbakar habis. Semua lukisan, dokumen penting dan segala miliknya sirna dalam sekejap. Namun bukannya putus asa, dia justru memamerkan lebih banyak karya lukisan dan dokumennya, tentang penderitaan Dubrovnik, di luar dinding istana pada tahun 2001. Ivo Grbi menyemangati penduduk kota untuk tetap bersemangat meski kota mereka hancur lebur!

Dubrovnik juga merupakan salah satu tempat untuk shooting film Game of Throne. Ada beberapa situs di oldtown di mana Game of Thrones difilmkan: gerbang Pile dan Ploe, jalan St. Dominika, di sepanjang tembok kota termasuk benteng Bokar dan menara Mineta.

Oldtown seperti juga kota di Eropa lainnya, merupakan pusat tempat-tempat penting. Di Clock Tower, ada jam baheula yang bergerak setiap 5 menit. Karenanya, di bawahnya sekarang diberi jam digital juga, memudahkan penduduk sekitar melihat jam yang tepat. Ada bola berwarna emas, untuk menunjukkan perputaran bulan, yang penting di jaman dahulu.

Di samping Cathedral yang cantik, banyak sekali gedung gereja. Bahkan lebih banyak gereja daripada pengunjungnya. Di tengah-tengah old town, ada juga masjid kecil. Segera beberapa teman muslim sholat di sana.

Setelah mengitari seluruh oldtown dan keindahannya, kami menikmati keindahan kota dengan kapal. Sungguh pemandangannya sangat indah. Pulau kecil di tengah samudra, kayak, kapal, boat , gua serta bukit batu di sekelilingnya. Kafe & resto di tepi pantai menyempurnakan keindahannya.

Ada Pulau Lokrum, sebuah pulau di Laut Adriatik yang berjarak 600 meter dari kota Dubrovnik, Kroasia. Banyak orang-orang yang berjemur naked (telanjang) di sana. Membuatnya menjadi sangat terkenal.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan Kota Dubrovnik adalah dari tembok kota. Jalan dari atas maka seluruh kota dan keindahannya nampak jelas. Total satu putaran 3 km. Yang melelahkan harus naik ke atas.
Puncak Castle, menara dan gedung-gedung penting lainnya jadi dekat.

Satu sisi nampak keindahan laut dengan pulau-pulau, boat, kapal, kayaknya dan di sisi lainnya begitu dekat dengan jalan raya dan rumah-rumah penduduk.

Di sepanjang jalan banyak kafe-kafe, resto & toko souvenir sehingga turis bisa menikmati keindahan Kota Dubrovnik dari ketinggian, sambil melepas lelah merasakan nikmatnya makanan & minuman.

Ciptaan Tuhan selalu luar biasa. Semakin banyak yang didatangi, semakin sadar, betapa kecilnya manusia dan betapa besarnya Allah kita.

I love places that makes you realize how tiny you and your problems are. And make you realize how great God is!

Saya suka tempat yang membuat Anda menyadari betapa kecilnya Anda dan masalah Anda. Dan buat kamu sadar betapa hebatnya Tuhan!

YennyIndra
TANGKI AIR & PIPA PVC
MPOIN PLUS
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Kumsusan Palace of the Sun.
Neuschwanstein Royal Castle-Castle Cinderella.
Montparnasse Tower & The Basilica of the Sacred Heart of Paris.