Articles, Self Motivation

TAKUT…..????

KIKO

.

Perasaan yang wajar. Setiap orang pernah merasa takut.

Pertanyaannya: patutkah kita merasa takut?

Apakah membiarkan perasaan takut membuat keadaan kita lebih baik?

Kisah lucu di bawah ini bisa menjadi perenungan yang berharga.

.

Kami mempunyai seekor anjing putih berukuran sedang dari keturunan malthese dan shitzu, Kiko namanya. Anjing yang tampan dan lucu. Kami sangat menyayanginya. Kiko punya hobi yang unik. Dia paling suka menggonggong dan mengejar kucing. Kiko sangat bangga saat melihat  si kucing lari terbirit-birit. Kiko merasa dirinya hebat.

.

Pada suatu hari, kami mengitari taman di sekeliling rumah kami dengan mengendarai mobil. Suami saya menyetir, sementara saya duduk di sampingnya dengan Kiko di pangkuan saya. Kiko dengan suka cita menjulurkan kepalanya melalui jendela mobil yang terbuka. Kiko suka melihat rumput-rumput hijau sambil mencari kucing untuk ditakut-takuti.

.

Kiko melihat seekor kucing sedang santai di halaman sebuah rumah. Kiko pun menggonggong keras, hingga sang kucing lari dengan cepat menabrak pot bunga. Untuk sesaat, si kucing terdiam. Kepalanya sakit.  Kiko merasa bangga dan hebat. Dengan tidak sabar dia melompat turun dari jendela mobil mengejar sang kucing. Si kucing dengan sedikit tertatih-tatih berlari hingga dia terjepit di sisi tembok yang buntu. Tidak ada jalan keluar. Sementara Kiko menggonggong dengan galak di depannya. Dengan ketakutan, si kucing mencoba melawan. Dia mengeluarkan cakarnya melawan Kiko yang menggonggong keras.

.

Apa yang terjadi?

.

Kiko lari mundur kesakitan terkena cakar si kucing. Kiko anjing hias. Dia hanya berani menggonggong tetapi dia tidak pernah berani melukai lawannya. Lucu bukan?

..

Sesungguhnya, perasaan takut juga seperti itu. Masalah yang kita anggap berat sering membuat kita ketakutan setengah mati. Kita sudah membayangkan hal-hal buruk yang akan terjadi. Padahal jika kita berani menghadapi masalah dengan tegar, ternyata masalahnya tidak seberat bayangan kita semula. Kemungkinan besar, jika kita berani melawan seperti si kucing, justru lawan kita yang takut.

.

Ingatlah selalu, bahwa kita punya Tuhan yang jauh lebih besar daripada masalah yang kita hadapi. Tuhan senantiasa punya jalan keluar kreatif melebihi apa yang bisa kita pikirkan. Di tanganNya, masalah yang buruk menakutkan, bisa diubahNya menjadi keuntungan dan kebaikan bagi kita.

.

Menghindar atau melarikan diri dari masalah justru akan membuat masalah berlarut-larut dan membuat masalah makin besar. Lebih cepat kita menyelesaikan masalah, akan lebih baik. Kita memperkecil resiko. Pertimbangkan pilihan-pilihan yang ada, apa untung dan ruginya. Pikirkan pilihan yang terbaik yang dapat kita ambil dan kita mampu menanggung resikonya. Hidup adalah pilihan.

.

Secara umum, ketika kita berani mempertanggungjawabkan apa yang kita lakukan, meski pun itu sesuatu yang salah, orang-orang cenderung akan menghargai kejujuran kita dan mereka dengan senang hati akan menolong kita.

Apalagi yang kita tunggu? Selesaikan masalah segera. Lebih cepat, lebih baik!

.

Percayalah kepada TUHAN dengan sepenuh hatimu,

dan janganlah mengandalkan pengertianmu sendiri.

Akuilah Tuhan dalam segala tindakanmu,

Maka Tuhan akan meluruskan jalanmu.

Amsal

.

Nasib bukanlah kebetulan.

Nasib adalah pilihan.

~William Jennings Bryan

.

Kecemasan tidak menghapus kesedihan esok hari,

hanya akan melumpuhkan kekuatan kita hari ini.

Kong Hee

.

.

OLEH: YENNY INDRA

.

Photo: http://lovemeow.com/2010/09/jack-tripper-the-amazing-eyeless-kitty/

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Cara Kerja Hukum Kerajaan Allah.
Setiap Tetes Air Mata
Kisah Unik Di Balik Artikel “Sudahkah Hidup Kita Berdampak?”

Leave Your Comment