Articles, Relationship, Self Motivation

The purpose of prayer

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

The purpose of prayer

Sebagian besar orang yang berdoa, datang dengan agenda tertentu di kepalanya.
Fokusnya, pada penyelesaian masalah menurut caranya sendiri. Kebanyakan penyelesaian masalah tidak terjadi menurut pemikiran orang tsb. Maunya melewati jalan yang lurus, klo bisa seperti jalan toll, segera tiba di tempat yang dituju. Problem solved.

*Not all storms come to disrupt your life, some come to clear your path – Paulo Coelho.*

*Tidak semua badai datang untuk mengganggu hidupmu, ada pula yang untuk membersihkan jalanmu – Paulo Coelho.*

Kadang jawaban doa bukanlah solusi tetapi arahan dari Tuhan untuk melewatinya dengan cara-Nya.

Pada kenyataannya, tidak semua situasi selesai dalam sekejap. Kebanyakan justru situasi itulah yang memacu kita bertumbuh di sepanjang jalan, saat masalah diselesaikan.
Ketika kita berdoa, menggali firman Tuhan, menantikan arahan-Nya, disitulah kesabaran serta karakter kita dibentuk. Memiliki pengalaman hidup bersama Tuhan serta makin mengenal pribadi-Nya.

Ada godaan lain saat menantikan jawaban doa.
Jika tidak sabar, lalu melangkah sendiri, kerap masalah yang semula kecil dan mudah diselesaikan, justru membesar dan melebar menjadi berkali-kali lipat.
Tantangan saat menanti waktu-Nya Tuhan, teror si musuh yang menakut-nakuti, keadaan sekeliling yang secara logika natural nampak mustahil diselesaikan, terus datang dari segala penjuru.
Bahkan teman baik mau pun saudara, bisa memberikan saran yang ‘kelihatan’ baik, namun berlawanan dengan prinsip Firman Tuhan.
Saran-saran ini nampak ‘masuk akal’, mengikuti kebiasaan orang-orang disekeliling kita, – cara dunia -, misalnya dengan menyuap agar masalah segera tuntas.

Tentu saja penyelesaian cara dunia atau cara kita sendiri – My Way -, bisa saja masalah selesai tetapi kita tidak mengandalkan Tuhan.
Menabur dalam kedagingan alias jiwa, emosi, keinginan menang apa pun caranya, akan membuahkan hal-hal dalam kedagingan atau jiwa juga.
Kemungkinan lain, justru menimbulkan kekacauan & membuat masalah makin rumit.

Cara Tuhan dengan menabur kebenaran dalam roh, buahnya pun rohani yang memberikan damai sejahtera, sukacita dan berdampak pada kekekalan.
Pribadi kita makin memiliki karakter Allah, penyertaan Tuhan nampak nyata, dan menjadi teladan bagi dunia di sekitar kita.
Dunia membutuhkan contoh, bagaimana orang-orang yang benar-benar mengandalkan Tuhan, hidupnya berbeda.
Badai boleh menggelora, tetapi badai tunduk karena Tuhan yang kita andalkan. Mereka pun ingin hidup seperti itu.

Lalu apa cara yang benar, yang harus dilakukan saat menunggu arahan Tuhan?

– Kadangkala jalan Tuhan itu berputar, namun itulah jalan yang paling baik dan paling aman untuk kita.
Memang sedikit lebih lama, namun kita memiliki kesempatan untuk berjalan mengikuti jalan-jalan-Nya. Dalam kesempatan ini, kita makin mengenal-Nya, bercakap-cakap dengan-Nya, mengerti isi hati-Nya dengan lebih mendalam sehubungan yang berkualitas dengan-Nya terjalin.

Bagi Tuhan, pertumbuhan karakter kita makin menyerupai Dia, jauh lebih berharga daripada sekedar solusi masalah.
Bukankah biasanya ketika seseorang sedang berbeban berat, dia lebih fokus kepada-Nya?

– Ada saatnya Tuhan diam.
Bagaimana dong?
Lakukan dengan konsisten perintah atau arahan Tuhan yang terakhir kita terima.
Dibutuhkan waktu yang tepat, cara yang tepat serta kondisi yang tepat, agar permasalahan bisa diselesaikan dengan apik.
Mungkin itulah saatnya Tuhan bekerja di belakang layar, mengatur kondisi yang tepat, meluruskan jalan kita, agar penyelesaian masalah bisa tercipta sempurna.
Kita tidak tahu, semua itu tidak kasat mata, tetapi iman kita percaya pada apa yang tidak kelihatan, – faith to see beyond what we can see – melihat melampaui apa yang bisa kita lihat. Dan kita percaya, Allah mengasihi kita.
Apa sich yang tidak dilakukan oleh kasih?
Allah senantiasa bisa diandalkan.

Berdiri teguh diatas Janji Firman-Nya & Sepakat Memperkatakannya.
Firman Allah itu Allah sendiri. Janji Firman-Nya adalah Janji Allah sendiri.
Terus pandang janji-Nya dan perkatakan janji-Nya …
Firman Allah itu roh, hidup dan berkuasa untuk mencipta apa yang kita deklarasikan.
Semakin kita mendeklarasikan dengan iman, semakin cepat manifestasi janji-Nya tercipta di alam natural.

Pada usia kira-kira 100 tahun, Abraham dijanjikan anak oleh Tuhan. Keturunannya akan sebanyak bintang di langit dan pasir di laut. Secara logika manusia, mustahil. Istrinya sudah mati haid pula.
Sekalipun Tidak Ada Dasar untuk Berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya.
Terhadap janji Allah ia Tidak Bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah, Dengan Penuh Keyakinan, dalam bahasa Inggris dikatakan Fully Persuaded, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan.
Karena itu hal ini diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran.

Setiap kali Abraham melihat bintang di langit dan pasir di laut, dia mendeklarasikan janji Tuhan dengan penuh gairah, menantikan manifestasinya!

– Meski masalah yang dihadapi itu terjadi karena kesalahan kita sendiri, selama kita datang kepada-Nya, Tuhan bisa membimbing kita sehingga ada pelajaran-pelajaran yang kita peroleh melalui proses yang kita lewati, yang membuat kita makin bijak, toleransi dan karakter Allah terbentuk karenanya.

Tuhan bisa memulihkan keadaan kita, bahkan menjadi lebih baik daripada keadaan sebelumnya, lalu memunculkan kebaikan dari kekacauan yang kita alami.
Yang terpenting, Tuhan ada sejak awal, di sepanjang perjalanan, hingga akhirnya berkemenangan.
Tuhan tidak pernah meninggalkan & membiarkan kita, jika kita bersedia menjalani hidup kita bersama-Nya, langkah demi langkah. Dan setiap langkah merupakan suatu mujizat.

Siap praktik? Yuk….

It’s crucial to be in the right place at the right time according to God’s plan as you discover and fulfill His Will for your life – Rick Renner.

Sangat penting untuk berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat sesuai dengan rencana Tuhan, saat Anda menemukan dan memenuhi Kehendak-Nya bagi hidup Anda – Rick Renner.

YennyIndra
TANGKI AIR *ANTI VIRUS* & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
THE REPUBLIC OF SVARGA
SWEET O’ TREAT
AESTICA INDONESIA – AESTICA ID
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

#seruputkopicantik
#yennyindra
#InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan
#mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Not Everyone Is Your Customer
Doa Yang Diulang-Ulang, Perlukah?
Forgetting The Past.