Articles

Roma 8:28, Ayat Yang Paling Banyak Disalahartikan

Gospel Truth’s Cakes
Yenny Indra

Roma 8:28, Ayat Yang Paling Banyak Disalahartikan

Saat awal mengenal Tuhan, saya juga salah mengartikan Roma 8:28, segala sesuatu dianggap kehendak Tuhan.
Bahkan saat ada hal buruk, Tuhan yang disalahkan!

Roma 8:28 (TB) Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Adalah Ayat Yang Paling Banyak Disalahartikan.

Ada orang yang menganggap segala sesuatu yang terjadi, semua karena kehendak Tuhan. Karena Tuhan berdaulat, demikian alasannya. Dianggap semua Tuhan yang harus bertanggungjawab
SALAH ITU……

Bahkan ada yang menganggap, sakit itu kehendak Tuhan, ujian dari Tuhan, supaya lebih tekun berdoa.

Alamaaaaak….. Ngawur itu!

Lukas 11:11-13 (TB) Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Tuh…. kita saja gak mungkin kasi anak kita ular, apalagi Bapa di surga!
Yesus anak-Nya yang tunggal saja dikorbankan untuk menebus dosa umat manusia…. jelas gak mungkin itu. Gak masuk akal.

Pencuri (setan, iblis) datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku (Yesus) datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.
Yohanes 10:10 TB

Nach Yesus itu datang untuk memberi kelimpahan!
Sedangkan iblis, tujuannya untuk mencuri, membunuh dan membinasakan. Nach penyakit, malapetaka itu merugikan, membunuh dan membinasakan bukan? Dari iblis itu!

Terus sikap kita seharusnya bagaimana?
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! Yakobus 4:7 TB

Perintah Tuhan jelas sekali: Lawan iblis!


Tuhan sudah mengatur hukum-hukum alam, dan dunia berjalan sesuai hukum-hukum yang berlaku. Ada hukum gravitasi, hukum tabur tuai, hukum listrik, hukum archimedes dll.
Semua berlangsung teratur dan alamiah. Apa pun agamamu, di belahan dunia mana pun kamu hidup, hukum-hukum itu tetap berlaku bagi siapa saja.

Trus hubungan dengan Roma 8: 28 bagaimana?
Ini dia penjelasannya.

Syarat untuk ayat 28, segala sesuatu terjadi agar mendatangkan kebaikan bagi kita, ada di Roma 8:26

Demikian juga Roh [Kudus] MEMBANTU dan menopang dalam kelemahan kita; karena kita tidak tahu, doa apa yang harus dipanjatkan atau bagaimana penyembahan yang layak itu seharusnya, maka Roh Kudus Sendiri yang pergi menghadap Bapa, memenuhi permohonan dan memohon demi kepentingan kita, dengan kerinduan dan rintihan yang tak terkatakan, yang terlalu dalam untuk diucapkan. Roma 8:26 AMPC

Roh Kudus yang MEMBANTU…..
Kata MEMBANTU dalam Bahasa Yunani: SUNANTILAMBANOMAI artinya to take hold of opposite together: menyatukan yg berlawanan, membimbing.

Artinya Roh kudus MEMBANTU, – kita dan Roh Kudus SUNANTILAMBANOMAI, mengangkat beban bersama-sama, menyatukan hati berdoa dalam roh, karena kita tidak tahu bagaimana seharusnya mengungkapkan beban ini kepada Tuhan, jadi kita berdoa dalam Bahasa Roh / Bahasa Lidah.

John G Lake mengatakan ketika kita berdoa dalam Bahasa Roh, itu Roh Kudus yang sedang menyampaikan doa kepada Allah, melalui mulut kita.

Dan Dia yang menyelidiki hati manusia mengetahui apa yang ada dalam pikiran Roh [Kudus] [apa maksud-Nya], karena Roh bersyafaat dan memohon [di hadapan Allah] Demi Orang-Orang Kudus, doa yang sesuai dan selaras dengan kehendak Allah. Roma 8:27 AMPC

Siapa orang-orang kudus yang dimaksud?
Kita, anak-anak Allah yang sudah Lahir Baru.
Yang sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadinya.

Kami yakin dan mengetahui bahwa [Allah menjadi mitra dalam pekerjaan mereka], maka segala sesuatu bekerja bersama dan [sesuai dengan rencana] untuk mendatangkan kebaikan bagi serta untuk mereka, yang mengasihi Allah serta dipanggil menurut rancangan dan tujuan[Nya]. Roma 8:28 AMPC

Nach dengan membaca terjemahan Alkitab AMPC menjadi jelas artinya. Yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah adalah mereka yang sudah menjadi mitra Roh Kudus dalam pekerjaan mereka. Pekerjaannya Tuhan dan sedang menggenapi tujuan serta rancangan Tuhan.

Roma 8:28 (TB) Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang memenuhi syarat: Mengasihi Dia, – maksudnya mereka yang sudah sejak awal membawa beban ini kepada Tuhan dan berdoa bersama Roh Kudus, dalam Bahasa Roh / Bahasa Lidah, mereka itulah yang disebut sebagai yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Nach jelas bukan sekarang?
Kalau memang kita sudah membawa seluruh beban kita kepada Tuhan dengan berdoa dalam Bahasa Roh, bersehati dengan Tuhan serta mengikuti jalan-jalan-Nya, maka segala sesuatu bekerja untuk kebaikan kita.

Jika makan makanan yang tidak sehat, lalu sakit, itu sakit karena penyebab natural. Keteledoran, tubuh tidak dirawat dengan baik, akibatnya sakit.
Itu bukan kehendak Tuhan. Melainkan salah sendiri.
Ada juga karena perbuatan dosa, menyimpan kepahitan, marah, kebencian dll. Buka celah, iblis masuk dan memporakporandakan hidupnya.

Perikop ini judulnya adalah Pengharapan Anak-Anak Allah. Kita dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah. Roma 8:21 TB

Membaca firman, tidak bisa mengambil satu ayat, lalu dilepas dari inti keseluruhannya, dan diartikan sendiri. Semua merupakan satu kesatuan arti.
Paham sekarang ….. Setuju?

In all these things we have complete victory through him who loved us! Rome 8:37

Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. Roma 8:37

YennyIndra
TANGKI AIR ANTI VIRUS & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

gospeltruth’scakes

yennyindra

InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan

mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Sikap Kita Mungkin Menjadi Masalahnya…
KULDESAK? Ini Solusinya!
Sukses ala God’s Way? Ini Rahasianya!