Articles

GPS Kehidupan Yang Membuat Hidup Jadi Enteng. Mau?

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

GPS Kehidupan Yang Membuat Hidup Jadi Enteng. Mau?

Kami suka liburan ke negara yang belum pernah dikunjungi. Turun di airport, kami segera menyewa mobil. Dari Indonesia, biasa saya sudah research tempat-tempat cantik yang hendak dikunjungi. Sementara P. Indra suka nyetir di tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi.

GPS adalah alat untuk menunjukkan peta jalan yang hendak dituju. Meski belum pernah ke sana, dengan menggunakan GPS maka alat ini membantu kita mencapai tujuan. Kami pun bersukacita mengambil foto-foto cantik di sana.

Nach Firman Tuhan itu GPS nya kehidupan. Tidak ada seorang pun yang pernah menjalani kehidupan kita sebelumnya. Kita bisa belajar dari sejarah, pengalaman hidup orang lain. Tetapi tidak mungkin sama dengan pengalaman kita nantinya. Bisa mirip tapi tidak persis.

Tuhan Sang Pemilik Kehidupan ini, sudah memberikan prinsip-prinsip, rambu-rambu sebagai GPS kehidupan ini.

Inilah wejangan Raja Salomo, manusia terkaya dan paling bijak yang pernah hidup di muka bumi.

  • Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.
  • Hai anakku, dengarkanlah dan terimalah perkataanku, supaya tahun hidupmu menjadi banyak.
  • Siapa mencintai didikan, mencintai pengetahuan; tetapi siapa membenci teguran, adalah dungu. Orang baik dikenan Tuhan, tetapi si penipu dihukum-Nya.
  • Setiap orang dipuji seimbang dengan akal budinya, tetapi orang yang serong hatinya, akan dihina.
  • dst. dst…

Dengan menggali dan menghidupi kebenaran Firman Tuhan, maka kita tidak akan tersesat. Mampu menghindari ribuan pertempuran yang tidak perlu. Hidup kita menjadi damai dan tenteram karena memiliki mindset yang benar dalam menyikapi kehidupan, yaitu menyelaraskan diri dengan mindset Allah.

Banyak orang-orang dunia, atas nama science, modern, masa kini, karena merasa jaman ini jaman modern berprinsip:

  • Siapa cepat, dia yang dapat.
  • Saiki jaman edan, sing ora edan ora keduman, Sekarang jaman gila, yang tidak gila, tidak kebagian.
  • Karena artis top dan orang-orang kaya dunia melakukannya, maka dianggap sah. Pernikahan sesama jenis, menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan.
  • Mengejar kekuasaan dan kekayaan, apa pun harganya. Supaya bisa merasa menjadi ‘Tuhan’…
    Apa sich yang ga bisa dibeli dengan uang?, demikian ucapnya.

Benarkah prinsip ini?

Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Dari berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita, terlihat jelas, seseorang yang kelihatannya kaya raya, berada di puncak kekuasaan karena jabatannya yang tinggi, seolah tidak tersentuh… Tetapi karena satu kesalahan, kesombongan, perbuatan sia-sia, meluncur ke bawah dengan begitu cepatnya. Semua sia-sia dan hilang dalam sekejap.


“Ce, yang saya inginkan saat membaca Seruput Kopi Cantik adalah bisa mendapatkan damai sejahtera. Bagaimana caranya? Semua kenikmatan dunia sudah aku cicipi dan miliki… Cuma damai sejahtera, ketenteraman yang aku mau..,” ujar seorang teman yang sudah menjelajah dunia, lebih dari seratus negara. Nyaris seluruh dunia sudah dikunjungi dan dinikmatinya.

Bahagia yang sesungguhnya adalah hati dan pikiran yang dipenuhi oleh damai sejahtera. Tenteram.
Padahal hidup senantiasa menyajikan masalah tanpa diundang. Dari yang kecil hingga besar, membuat tidur tak nyenyak.

Mungkinkah kita hidup dengan memiliki damai sejahtera sepanjang waktu?
Jawabannya: bisa.
Caranya?
Ikuti petunjuk GPS Allah. Hiduplah sesuai arahan-Nya, meski berlawanan dengan cara dunia.

Sahabat saya Nana, yang membawahi puluhan perusahaan besar bersaksi, bagaimana masalah-masalah berat yang dialaminya, diselesaikan Tuhan dengan cara yang diluar nalar.

“Love your neighbour, kata Tuhan. Ya sudah, saya taat dan diam menanti arahan-Nya. Dan solusinya diluar dugaan… Tanpa harus melibatkan lawyer, tanpa ruwet, Tuhan menyelesaikannya dengan apik…”, jelasnya. Terbukti!

Di Charis kami bisa sekolah koresponden (distance learning), dan in class. Keuntungan in class, kami tidak hanya belajar dari guru-guru, tetapi pengalaman serta kesaksian teman-teman sangat powerful.
Ketika menghadapi masalah, ada teman-teman dan P. Irwan serta B. Angel, kepala sekolah Charis, yang bisa dimintai pendapat dan diarahkan sesuai kebenaran Tuhan.

Yang mengubah hidup, bukan teorinya, melainkan kebenaran firman Tuhan yang betul-betul dihidupi.
Menunggu arahan Tuhan sebelum bertindak, itu betul-betul tidak mudah. Butuh latihan, kesabaran dan iman…. Percaya bahwa jalan Tuhanlah yang terbaik. Meninggikan firman-Nya di atas fakta dan situasi. Menundukkan diri kepada Allah.
Mengakui bahwa Allah benar-benar Boss kehidupan kita.
Manusia punya kehendak bebas. Allah tidak pernah memaksa, kecuali kita bersedia menyerahkan hidup kita kepada-Nya.

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, jangan bersandar pada pengertian kita sendiri. Libatkan Allah dalam apa pun yang kita lakukan, maka Dia akan meluruskan jalan hidup kita.

Siapa yang tahu yang terbaik bagi masa depan kita? Allah!
Dia tahu di mana berkat tersembunyi dan bagaimana meraihnya. Dia tahu cara menyembuhkan berbagai penyakit.
Dia tahu solusi masalah yang paling singkat tetapi hasilnya sangat baik.

Tentunya jauh lebih mudah menjalani kehidupan bersama Pribadi yang menciptakan kehidupan kita, satu-satunya Pribadi yang tahu persis masa depan kita apalagi kehendak-Nya, agar kita menjalani hidup ini langkah demi langkah bersama-Nya…
Kita turuti saja… Gak usah banyak mikir karena Allah adalah Guide yang selalu bisa diandalkan.
Makes sense?

Ship don’t SINK because of the water AROUND them. Ship SINK because of the water that gets In them! Don’t let what happened around you, gets in you and weigh you down.

Kapal tidak TENGGELAM karena air DI SEKITARNYA. Kapal TENGGELAM karena air yang masuk ke dalam kapal! Jangan biarkan apa yang terjadi di sekitar Anda, merasuki Anda dan membebani Anda.

YennyIndra
TANGKI AIR ANTI VIRUS & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
PRODUK TERBAIK-
PEDULI KESEHATAN

SeruputKopiCantik

yennyindra

InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan

mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Tuhan, Mengapa Hidupku Tidak Seperti Yang Kuharapkan?
JUST SAY “THANK YOU”
Sikap Hati Yang Ternyata Penting Sekali….