Articles

Bali Timbungan dan Strategi Bagaimana Entrepreneur Sejati Menyiasati Pandemi…

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Bali Timbungan dan Strategi Bagaimana Entrepreneur Sejati Menyiasati Pandemi…

“Bu Yenny, saya undang ya…,” kata P. Anton Thedy, boss TX Travel, sahabat saya.
Saya memilih tanggal 6 April karena Michelle, putri bungsu berulang tahun hari itu. Dan makanan khas Bali adalah makanan kesukaannya. Di Jakarta belum ada yang benar-benar cocok.

Ingin dengar pengalaman sahabat lama pula. Selalu ada yang bisa dipelajari ketika berjumpa dengan P. Anton.
Tidak salah ungkapan kuno, konon
“Pembicaraan 2 jam dengan orang yang bijak, hasilnya melebihi dari manfaat membaca 2 buku.”
Dan itu terbukti.

Bali timbungan milik P. Billy Hartono Salim, teman di beberapa grup pengusaha. Owner Beauty Care Herborist Miranda yang sudah TBK.
Lebih dari 7 bulan P. Anton  bergabung di sana. Dari konsultan bisnis, diangkat menjadi COO. Bali Timbungan ada 2 resto, di Sunset Road, Bali dan di Gedung Sarinah, Jakarta.

“Saya suka dan diberkati Tuhan secara nyata. Sudah biasa aktif mendadak pandemi, eh ditawari jadi konsultan di Bank BPR Lestari di bali. Sang owner, P. Alex pernah ikut tur TX Travel 15 tahun lalu. Loyalty programnya, menarik perhatian P. Billy, yang pernah ikut tur saya juga pada tahun 1989, ” demikian P. Anton menceritakan kisahnya,
“Setelah selesai dari Bank BPR Lestari pada bulan oktober 2021, dilanjut menjadi konsultan Bali Timbungan Resto dan Secret Garden yang berlokasi di Bedugul, bali.

Tuhan itu luar biasa, apa yg impossible buat manusia, jadi possible .
Bayangkan, di masa pandemi  sales justru berlipat kali ganda. Saya yang berpengalaman 42 tahun di Bisnis Travel, pada bulan pertama dipakai Tuhan menjadikan omset meningkat 2 kali lipat dan 5 kali lipat pada bulan ke 3. Tuhan itu Maha-kuasa dan Maha-dahsyat. Tidak hanya sebagai konsultan, saya pun diangkat sebagai COO posisi tertinggi di Bali, supaya ada otoritas dan di dengar oleh semua staf nya yang ratusan jumlahnya. Setiap hari saya bersukacita karena menjadi saluran berkat secara nyata.
Selama pandemi hampir 2 tahun resto nya sepi, gaji staf resto kecil karena service fee, sejak pertama buka tahun 2016, paling banyak 200 – 300k saja, sekarang sudah diatas 1juta bahkan 2 juta di bulan Desember 2021. PUJI TUHAN “

Wow… Sungguh terpukau saya mendengarnya.
Inilah contoh entrepreneur sejati, boss yang rendah hati.
P. Anton itu meraih predikat travel dengan franchisee terbesar di Indonesia, pioneer charter flight di Indonesia dan berbagai pencapaian keren lainnya.
Dan ke *Korea Utara* bersama P. Anton, sungguh kenangan yang tak terlupakan. Bak pejabat kami disambut di negara yang tertutup, nyaris ga ada turis.

Ketika pandemi, bisnis travel nyaris mati, beliau tidak segan-segan bekerja pada perusahaan orang lain. Berkarya membantu bisnis orang lain dan menyelamatkan ratusan pekerjanya agar tidak di phk, justru berhasil menolong mereka mendapatkan income yang jauh lebih besar.
Salut!!!!
Inilah sikap anak Tuhan sejati, yang patut diteladani.

Kesempatan ini bisa diperoleh, karena P. Anton melayani customernya dengan baik sehingga meninggalkan kesan respect di hati P. Alex dan P. Billy. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan. Taburlah kebaikan, kita akan menuai buah manis, saat membutuhkannya.

*****
Bali Timbungan di Gedung Sarinah ditata khas ala Bali.
“Beneran suasana, nuansa mau pun aroma yang dihirup begitu masuk ruangan, khas Bali,” ujar Ivana, menantu saya dengan kagum.

Begitu duduk di meja yang telah disediakan, disajikan minuman rempah. P. Anton sengaja meletakkan 2 gelas air rempah di hadapan saya. Lalu saya diarahkan memberikan jeruk nipis di gelas yang pertama.
Wow… Warnanya berubah! 🙂 It’s a magic.
Perubahannya menyolok, karena di sebelahnya tidak berubah.
Pintarnya P. Anton membangun suasana pembuka…

Takjil jenangnya, uenaak…
“Topoki ala indo..” canda Ivana & Michelle.

Sate lilit, Ayam Betimbu – ayam yang dimasak dengan slow-cooking pakai bambu, jadi dari bambu dituang dulu ke dalam mangkuk, sebelum dinikmati.
Mangkuk yang dipakai buatan Korea. Makanan tetap hangat selama 45 menit.

Sup Ikan plus ikan goreng ala Mak Beng.
Ssstttt… Sup Ikan dan ikan gorengnya beneran gak kalah dengan yang di Bali. Bahkan lebih enak.
Semuanya enak dan empuk. Disajikan dengan cantiknya. Ivana cinta sekali dengan sambal matahnya. Minta tambah.. Betul-betul istimewa.

Makanan utama yang disajikan namanya *Megibung*, makanan para bangsawan, yang isinya berbagai lauk pilihan, untuk di makan bersama.
Yeaaayyyy jadi bangsawan deh!

Di tengah ada bebek yg dipenuhi bumbu rempah-rempah.
Duh… P. Indra ga suka bebek, batin saya.
Tetapi setelah mencobanya, sama sekali ga ada rasa bebeknya. Empuk, bumbunya enak. Nikmat sekali. P. Indra justru nambah lagi .

Bebek Timbungan dari Tabanan, topnya resto ini, dikelilingi dengan sate lilit ayam dengan bumbu kacang, Sudang lepet khas Singaraja , Ayam suwir khas Klungkung, Udang goreng, Cumi goreng, Kerang Bakar Jimbaran.

“Bali on one plate….”, ujar P. Anton.
Benar sekali ya… Gak usah repot-repot ke Bali, ke tempat masing-masing makanan khasnya, di sini sudah  lengkap, dari semua daerah ada, tinggal menyantapnya. Terpilih dan terjamin.

Dessertnya pun unik.
Pisang Goreng panas dingin.
Lho apa itu???
Pisang goreng dilumuri sirup, klo dimakan langsung, lengket.
Maka dicelup dulu selama 10 detik ke dalam air es, barulah dimakan dengan ice cream. Jadi rasanya panas dingin. Unik ya…
Lalu Klepon goreng khas Gianyar yang disajikan dengan ice cream pula.
Semakin langka dan aneh, tentu makin ingin tahu.

Yang membuat istimewa lagi, ketemu P. Anton, setiap makanan ada ceritanya. Nach ini yang bikin saya ingin menuliskannya.
Ketika ada kisahnya, sensasinya terasa berbeda. Betul kan?

Inilah bedanya klo boss tour & travel kawakan menjalankan bisnis resto… Serasa ikut tour… Wkwkwk….

Apa pun ketrampilan, ilmu, pengalaman, pengetahuan yang kita miliki, sesungguhnya adalah ‘perlengkapan senjata’ yang dianugerahkan Tuhan, bagi kita untuk mengalahkan tantangan kehidupan.
Itu menjadi pembeda unik antara kita dengan orang lain. Setiap kita khas, limited edition dan punya sesuatu yang tidak dimiliki orang lain. One of a kind… Jika saja kita menyadari dan bijak memanfaatkannya.

Thanks P. Billy & P. Anton, jamuan makan malamnya: Authentic Balinese Food, yang berkesan.
Sukses untuk Bali Timbungan & Secret Garden…

Thank You for The Food we eat, Thank You for Good Friends, Thank You for The World so sweet, Thank You for The Birds that sing, Thank You GOD for everything. Amen.

Terima kasih untuk makanan yang kami makan, terima kasih untuk teman baik, terima kasih untuk dunia yang begitu manis, terima kasih untuk burung yang bernyanyi, terima kasih Tuhan untuk semuanya.  Amin.

YennyIndra
TANGKI AIR & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

https://mpoin.com/

#SeruputKopiCantik
#yennyindra
#InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan
#mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Jika Tuhan Berdaulat….
Mission Trip Yang Tak Terlupakan.
“Iman atau Ketakutan Pada Masa Sekarang Ini?”