Articles

Inilah Terobosan Yang Mengubah Situasi Buntu.

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Inilah Terobosan Yang Mengubah Situasi Buntu.

Seorang sahabat yang tinggal di negeri seberang, curhat tentang keluarganya. Suaminya yang memperlihatkan tanda-tanda tidak sehat, meski belum ada bukti.
Lebih sering berbisnis di luar kota, tetapi tidak jelas apa bisnisnya dan hasil yang diperolehnya.

Jika sahabat saya bertanya lebih detil, sang suami tersinggung. Jadi sahabat ini yang sesungguhnya membiayai kebutuhan rumah tangga mau pun biaya sekolah ke tiga anaknya.

Saya bukan konselor, sejujurnya saya juga tidak tahu solusinya.
Saya hanya bisa menceritakan pengalaman hidup saya pribadi, hidup saya berubah karena pengenalan saya pada Tuhan, berubah.
Tidak berarti hidup saya steril masalah, tetapi cara saya meresponinya yang berubah.

Masalah kerap tidak bisa diselesaikan secara instan. Butuh waktu, proses dan di perjalanannya, muncul kejadian-kejadian yang cukup menimbulkan ketakutan, kemungkinan buruk yang bisa terjadi, dan sebagainya.
Ketika saya masih bayi rohani atau balita rohani, saat menghadapi hal-hal seperti itu, saya justru lebih fokus pada masalahnya.
Semakin dipikir, semakin melebar kemungkinan buruknya. Akibatnya makin stres, ga bisa tidur, melebar lagi jadi makin mudah emosi.
Timbullah gesekan dengan suami, anak, rekan sekerja dst dst… Bukannya selesai, masalah kian menggunung.

Ketika sekolah di Charis, semakin lama sekolah, pengenalan akan Tuhan kian mendalam. Saya tahu dan percaya sepenuh hati, Tuhan benar-benar peduli dan Dia tidak akan pernah meninggalkan saya… Bahkan Dia yang akan ‘berperang’ bagi saya.

Pemahaman dan pengenalan yang mendalam akan Tuhan, menimbulkan iman dan ketentraman, meski saya tidak tau solusinya, jalan yang akan ditempuh ke kiri atau ke kanan, satu hal yang saya tahu: endingnya akan baik-baik saja. Saya pasti menang karena Tuhan menopang saya dengan tangan kanan-Nya yang membawa kemenangan.
Kalau Tuhan di pihakku, siapa yang dapat melawan aku?

Hasilnya, hati terasa damai, tenteram dan bergantung pada janji-janji-Nya, bukan fokus pada apa yang terjadi day by day…

“God can change the situation in a split second – Tuhan bisa mengubah situasi dalam sekejap,” ujar Joel Osteen.

Ya sudah dijalani dengan penuh kepasarahan kepada Tuhan. Seperti judul pelajaran Joel Osteen: Be comfortable for not knowing. Nyamanlah meski kita tidak paham.
Kadang-kadang memang kita tidak perlu tahu banyak, kalau tahu justru stres, kuatir, galau dan makin kacau.
Tuhan mengerti, otak kita yang sebesar kacang gak bisa handle… Ya sudah, pasrah dan percaya saja.
Inilah perbedaan yang saya alami saat makin dewasa rohani.

Kembali ke kisah sahabat saya, kami pun berdoa bersama menyerahkan kekuatiran kami kepada Tuhan, sesuai dengan perintah-Nya.
Tidak lupa saya mendorong sahabat ini untuk sungguh-sungguh mencari Tuhan dan melekat kepada-Nya.

Hubungan dengan Tuhan itu begitu pribadi. Hanya kita sendiri yang merasakan dan paham, sejauh mana kita mengenal-Nya.


Chat dari sahabat ini masuk setelah berbulan-bulan tanpa kabar.
Dengan penuh sukacita bercerita bahwa dia sekarang mengenal Tuhan dengan lebih dekat.

Seorang teman baru mengajaknya masuk dalam kelompok yang membimbingnya untuk membangun relationship dengan Tuhan.
Di kelompok-kelompok sebelumnya, hanya sang pemimpin yang berbicara dan mengajar, sahabat ini sudah jenuh mendengar bertumpuk-tumpuk pelajaran-pelajaran hebat. Bosan. Justru tidak tertarik menggali firman.

Kelompok ini berbeda.
Masing-masing membaca firman yang sudah dipilih dan mereka boleh mengutarakan pendapat serta menceritakan pengalaman dalam mempraktekkannya. Boleh juga bertanya. Mereka berdiskusi dengan terbuka, dan ini menarik sekali.
Di hari-hari selanjutnya, mereka mendapatkan jadwal firman yang harus dipelajari. Mereka tumbuh bersama.

Sahabat saya menjadi antusias.
“Uniknya, karena sekarang memahami firman Tuhan, maka saat masalah datang, saya tidak lagi dipenuhi kekuatiran seperti dulu. Tuhan berbicara melalui firman-Nya, menuntun apa yang harus saya lakukan atau katakan dalam situasi tertentu,” sahabat ini menjelaskan,
“Dan yang lebih tidak terduga lagi, secara natural sikap saya terhadap suami, berubah. Suami pun sekarang berubah. Aksinya berubah, reaksi pun berubah pula. Hukum fisika mana bisa salah? 🙂 🙂
Dia tidak lagi ke luar kota sesering dulu. Belum menjadi suami seperti yang saya idamkan sich… Tetapi setidaknya perbaikan-perbaikannya makin nyata. Sungguh benar, hanya firman Tuhan yang bisa mengubah situasi yang seolah sudah buntu.”

Firman Tuhan adalah Allah itu sendiri. Firman itu roh, hidup dan berkuasa.

Kejadian ini makin meneguhkan pemahaman saya, bahwa dalam hidup, saya memang tidak perlu mengetahui segalanya. Cukup taat sesuai arahan-Nya, agar menyerahkan kekuatiran saya kepada-Nya, karena Dia yang memelihara saya.

Beberapa teman yang mengalami masalah dalam rumahtangganya. Selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tetap mandeg, masalah hanya berputar-putar di sana. Curhat yang kurang lebih sama.
Setiap masalah itu unik dan personal… Demikian pula penyelesaiannya.

Yang saya tahu, ketika kita sungguh-sungguh bersedia mencari Tuhan dan mengikuti arahan-Nya, disitulah solusi yang mendasar terjadi. Caranya berbeda, satu-satunya, dan kerap melebihi apa yang bisa kita pikirkan atau bayangkan.

No matter what your problem is, don’t nurse it, don’t curse it, don’t rehearse it. just call God….. He’ll reverse it.

Tidak peduli apa masalah Anda, jangan merawat masalah, jangan mengutuknya, jangan melatihnya. Serahkan saja pada Tuhan….. Dia akan membalikkannya menjadi baik.

Siapa yang menyangka, solusi untuk sahabat ini, dari antah berantah tiba-tiba seseorang yang tidak dikenal, mengajak sahabat saya dalam kelompoknya, yang pada akhirnya membuka jalan bagi solusi permasalahannya?
Terpikir saja tidak!
Tetapi Tuhan tahu jalan dan cara terbaik untuk menolong sahabat saya.
Tuhan adalah Allah yang menjawab doa!

It’s all about God, not us….

Keren bukan?
Yuk makin mendalami dan menghidupi firman-Nya!

There is Power In God’s Word to change your life.

Ada Kuasa Dalam Firman Tuhan untuk mengubah hidup Anda.

YennyIndra
TANGKI AIR & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

https://mpoin.com/

SeruputKopiCantik

yennyindra

InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan

mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Kunci Sukses Menurut Tuhan.
Big Picture!
Ketika Kabut Tebal Melingkupi Hidup…. Apa Yang Harus Dilakukan?