Articles

“Vertikal dan Horizontal.”

Gospel Truth’s Cakes
Yenny Indra

“Vertikal dan Horizontal.”

Saya sering merujuk pada aspek vertikal dan horizontal dari hubungan kita dengan Tuhan. Kasih Tuhan, kasih karunia-Nya yang tidak bersyarat, kebenaran, kebebasan dari rasa bersalah dan ketakutan, dll., Adalah realitas hubungan ‘vertikal’ kita dengan-Nya.

Aspek horizontal dari iman kita berhubungan dengan hubungan kita dengan dunia. Amanat Agung, karunia Roh, pengampunan terhadap orang lain, memberi, melayani, menabur dan menuai, dll., Berbicara tentang ekspresi kasih dan anugrah Tuhan melalui kita kepada orang lain.

Meskipun tindakan kita di dunia horizontal tidak memengaruhi kasih dan anugrah Tuhan kepada kita, tindakan itu dapat memiliki konsekuensinya sendiri.
Misalnya, meskipun dosa kita tidak diperhitungkan dalam pengertian ilahi (kasih karunia Tuhan), itu mungkin masih memiliki konsekuensi dalam pengertian alami.
Mengemudi dalam keadaan mabuk menghasilkan potensi bencana yang sama, baik bagi orang percaya maupun orang yang tidak percaya.
Menabur dalam daging masih menuai kerusakan di horizontal, meskipun diampuni secara vertikal.

Meskipun Tuhan telah memberkati kita dengan segala berkat (Efesus 1:3) dalam arti vertikal, banyak yang tidak menikmati berkat tersebut karena kurangnya hikmat tentang bagaimana menerimanya di dunia horizontal.
Meskipun tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus, ada penghukuman diri bagi mereka yang tidak memahami kasih karunia dan pengampunan.

Dosa tidak diperhitungkan atau dihakimi oleh Tuhan karena Dia telah mencurahkan semua penghakiman atas dosa kepada Yesus, tetapi dosa membawa benih kehancurannya sendiri di alam semesta, yang dapat menghasilkan tuaian kerusakan.

Ketika kita tidak memahami kedua dimensi ini, kita dapat dengan mudah menjadi bingung dan bahkan tertekan karena terputusnya hubungan antara kebenaran mulia penebusan dalam arti ‘vertikal’ versus realitas kehidupan di dunia ‘horizontal’.
Yesus menyembuhkan semua orang dengan bilur-bilur-Nya dalam pekerjaan penebusan-Nya, tetapi orang Kristen masih sakit dan mati sebelum waktunya. Mengapa? Realitas vertikal penebusan mungkin tidak diterapkan dengan iman pada keadaan horizontal penyakit. Kurangnya pemahaman bisa berakibat fatal.

Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga,
[Matius 6:10 (TB)]. Pola ini dapat ditemukan di seluruh Perjanjian Baru. Sebuah pewahyuan dari berkat penebusan vertikal harus memperlengkapi kita untuk meraih kehidupan yang berkemenangan di dunia horizontal.

“Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini.”
Titus 2:11-12 (TB).

[Repost ; “Vertical and Horizontal”, – Barry Bennett, diterjemahkan oleh Yenny Indra].

YennyIndra
TANGKI AIR ANTI VIRUS & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

Klik:
https://mpoin.com/

gospeltruth’scakes

yennyindra

InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan

mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
“Apakah Kita Memiliki Damai Sejahtera-Nya?”
“Injil Klise # 2 Segala sesuatu terjadi karena suatu alasan.”
Bagaimana Orang-Orang Hebat Berdoa & melayani-Nya?