Articles, Travelling

Sofia, Bulgaria hingga Bucharest, Rumania.

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Sofia, Bulgaria hingga Bucharest, Rumania.

Satu hal yang menarik perhatian ketika masuk Bulgaria adalah huruf dan tulisannya seperti huruf-huruf Rusia.
Pectopahn adalah kata Rusia yang paling dihafal P. Indra sejak kami ke Rusia puluhan tahun lalu. Artinya, restaurant.

Jalanan diberi warna kuning emas, diatas paving di sepanjang jalan agar terlihat mewah. Bangunan di sana bergaya Eropa & ada gereja Ortodoks Rusia.

Berbeda dengan gaya bangunan yang dibangun saat komunis memerintah di sana. Gedung pemerintahan, contohnya. Bentuknya sederhana dan lebih minimalis. Uniknya gedung pemerintahan ini menjadi satu gedung dengan mall.

The Statue of Sveta Sofia, artinya patung dari Saint Sofia dalam Bahasa Bulgaria, adalah lambang dari Kota Sofia, ibukota Bulgaria. Karya dari pematung Georgi Chapkanov, setinggi 24 feet. Berdiri gagah di pusat kota Sofia.

Sofia dalam bahasa Yunani artinya kebijaksanaan. dari Tuhan Nama ini sudah sejak awal negara ini berdiri, tidak pernah ganti. Lambang berupa wanita cantik tanpa kerut di wajah. Di kepalanya mengenakan mahkota sebagai lambang kekuatan. Di tangan kanannya ada burung hantu , lambang kebijaksanaan. Tangan kirinya menggenggam uang, sebagai lambang prosperity alias kekayaan, dan tangan kanannya memegang karangan bunga sebagai lambang ketenaran.

Slaveikov Square, adalah pusat kota Sofia yang penting. Di area ini ada 4 tempat ibadah terkoneksi menjadi satu. Masjid kaum muslim, Sinagoga tempat ibadah orang Yahudi, Gereja Ortodoks dan Gereja kecil sejak jaman Bysantium yang unik, berbentuk bulat di satu sisi dan tanpa jendela sama sekali. Persis berdiri di seberang Sofia Statue.

Kami mengunjungi Ortodoks Cathedral, Bulgaria: The St. Alexander Nevsky Cathedral.
Dibangun dalam gaya Neo-Bizantium, ia berfungsi sebagai gereja katedral Patriark Bulgaria dan merupakan salah satu bangunan gereja Kristen terbesar, serta salah satu simbol Sofia dan menjadi tempat wisata utama bagi turis yang berkunjung ke kota ini.

Untuk mengambil foto, turis harus membeli tiket seharga 6 Euro. Seperti Gereja Ortodoks lainnya, di dalamnya indah. Dan tanpa kursi. Para pengunjung datang berdoa sambil berdiri.

Di halaman depan banyak bunga tulip bermekaran sangat indah.
Monumen Pejuang Tak Dikenal dengan nyala abadi terletak di antara cathedral Alexander Nevski dan monumen St. Sofia. Bentuknya singa gagah yang sedang duduk.
Kami tidak lupa mengambil foto cantiknya, singa yang gagah dan bunga tulip yang cantik. Sungguh perpaduan yang memukau!

Lunch di Kota Tua Veliko Tarnovo, di resto Hadji Nikoli Inn yang berdiri tahun 1858. Seluruh kota penuh bangunan tua. Rose Oil terkenal dari Bulgaria.
Foto-foto cantik di kota tua….tentu tak terlupakan. 🙂

“Keren kita ini, pagi breakfast di Bulgaria, malam dinner di Rumania…,” ujar Mei saat kami bercanda mengisi waktu dalam bus. Perjalanan panjang dari Sofia ke Bucharest.

Malam after dinner, P. Indra, P. Eddy, Mary dan saya, menuju ke Hardrock Cafe Bucharest. Mumpung ada kesempatan.
Ternyata lokasinya dekat kafe besar tempat warga Bucharest nonton bola. Cantik pula designnya. Foto ach….

Puas berfoto ria, barulah kami masuk ke Hardrock. Cantik euy….
Saya bertanya, bolehkah kami mengambil foto?

“Sure”

Kami berfoto ria di dekat Bar. Tiba-tiba seorang pemuda dari Hardrock bercerita, toko mereka memenangkan sebagai Toko Terbaik tahun 2017, hadiah gitar cantik.

“Do you want to take a picture with the guitar?”

“Of course”.

Dibawanyalah gitar cantik itu. Kami pun foto dengan gitar dalam berbagai gaya.
Pemuda itu menyuruh kami naik meja Bar…
Gak salah ini? ?
Eh.. ternyata beneran.

“Like a real rocker…”, ujarnya.

P. Indra tidak mau melewatkan kesempatan emas. Naiklah P. Indra ke atas
meja Bar… bergaya rocker….di foto & di video…
Ha-ha-ha…. Kapan lagi?

Hidup selalu menyimpan kejutan manis. Ada hal-hal menarik yang tak terbeli, Tuhan berikan, menjadi memori indah dan menyenangkan.
God is good, all the time!

Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn’t do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover – Mark Twain

Dua puluh tahun dari sekarang Anda akan lebih kecewa dengan hal-hal yang tidak Anda lakukan daripada yang Anda lakukan. Jadi buanglah pembatas. Berlayarlah jauh dari pelabuhan yang aman. Tangkap angin berlayarlah. Jelajahi. Mimpi. Dan temukan. – Mark Twain

YennyIndra
TANGKI AIR & PIPA PVC
MPOIN PLUS
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Naik Kereta Api Tut…Tut…Tut…
Merano City, High Alpine Border – Perbatasan Antar Negara Di Ketinggian 2600 m & Aqua Dome Yang Mewah.
SWITZERLAND