Articles, Self Motivation

Penghalang Kesuksesan

3d99173

Seruput Kopi Cantik YennyIndra:

Suatu ketika Henry Ford, boss dari mobil Ford yang terkenal, mengajak lunch 3 calon staff pribadinya. Mereka bertiga tentu berusaha menyajikan sikap dan pemikiran-pemikiran terbaiknya, berharap menarik perhatian Sang Boss, sambil menikmati hidangan. Setelah lunch, rencananya akan diadakan interview. Namun apa lajur, begitu makan siang usai, Henry Ford langsung menentukan pilihannya tanpa interview lagi. Tentu saja kedua kandidat lain memprotesnya. Apa jawab Henry Ford?

“Saya memperhatikan sikap kalian bertiga sejak awal. Ketika sup dihidangkan kalian berdua segera mengambil garam dan menambahkannya ke dalam sup. Sementara dia, mencicipi dulu supnya, baru menambahkan garam. Saya membutuhkan staff pribadi yang teliti, memahami keadaan sesungguhnya, baru mengambil kesimpulan. Bukan sebaliknya, mengambil kesimpulan dulu tanpa mengecheck terlebih dahulu situasi yang sebenarnya. Itu kebiasaan yang fatal dan sangat membahayakan.”

Kisah ini sungguh menginspirasi. Saya selalu mengingatkan diri sendiri: check & re-check sebelum mengambil kesimpulan.

Beberapa waktu lalu ketika menulis artikel “Selingkuh itu Indah? Inilah Sisi-Sisi Gelap yang Seringkali Tak Terungkap”, sebagian orang berkomentar dengan nada marah, mengira isinya mengajarkan tentang selingkuh. Sebagian lagi berkomentar setelah membaca paragraph pertama. Padahal inti pelajarannya justru ada di paragraph selanjutnya: Jangan pernah selingkuh, ini lho resikonya. Sungguh menyedihkan!

“Mengenal kekuatan sendiri dan mengenal kekuatan lawan,

Anda tidak akan dikalahkan dalam seratus peperangan”

Sun Tzu

Belajar dari Henry Ford, yang sudah terbukti sukses membangun bisnis dan brand yang mendunia, serta dari Sun Tzu ahli strategi perang yang fenomenal, jika hidup tidak juga berubah dan tetap tidak maju-maju, mungkin penyebabnya karena suka mengambil kesimpulan sebelum paham masalahnya: tidak mengenali kekuatan sendiri apalagi mengenali kekuatan lawan. Who Knows?

Mari kita introspeksi diri!

 

Photo: https://www.linkedin.com/pulse/20140527062425-3050849-auctions-have-been-around-for-years-barriers-to-sucess

 

 

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Mengarahkan Mata Kepada Tuhan. Bagaimana Penerapan Praktisnya?
BOUNDARIES
Pandemi Yang Mengubah Tatanan Kehidupan.