Articles, Travelling

High Land Scotland Tour With Stuart Misty Isle Tours

img_3350

P. Indra, Stuart & YennyIndra @ Portree Bus Terminal

Stuart guide sekaligus merangkap sopir saat mengeksplorasi indahnya scotland highland yang terkenal. Sosok pria yang ramah dan sabar, dengan terampil membawa kami menuju spot indah untuk mengambil gambar. Sepanjang perjalanan, ceritanya tentang sejarah serta keunikan masing-masing tempat, disampaikannya dengan sangat menarik.

Ketika tur selesai, penumpang mulai di drop di masing-masing pemberhentian bus dekat hotelnya. Sementara saya dan suami tetap mengikuti Stuart hingga kyle of locash, karena ingin mengulang mengambil gambar Eilean Donan Castle, tempat shooting film James Bond: Tommorrow Never Dies, di waktu malam saat lampu sudah dinyalakan. Stuart berbaik hati mengantar kami ke Eilean Donnan Castle meski itu sedikit lebih jauh dari tempat pemberhentian seharusnya. Sungguh Stuart baik hati!

img_3354

Elean Donnan Castle

Tinggal kami berdua dengan Stuart. Melewati gunung dengan puncak mendatar seperti meja, saya bercerita bahwa saat ke Afrika Selatan, di sana ada gunung yang terkenal: Table Mountain. Cerita pun mengalir tentang patung David Livingstone, misionaris terkenal, yang ada di dekat Victoria Falls yang terkenal, baik dari sisi Zimbabwe mau pun sisi Zambia. David Livingstone yang memberi nama air terjun cantik itu Victoria Falls, mengambil nama dari Queen Victoria. “Tentunya para malaikat sedang naik dan turun,” ujar David livingstone saat menyaksikan keindahan air terjun yang meluap di Victoria Falls.

img_3362

Highland, Scotland

“Ibu saya selalu bercerita bahwa keluarga kami merupakan kerabat dari David Livingstone. Tahukah Anda, beliau berasal dari Scotland? Saya tidak tahu kebenarannya, tetapi itulah yang selalu diungkapkan oleh ibu saya,” demikian ungkap Stuart. Ternyata dulu Stuart adalah pendeta penuh waktu, tetapi sekarang dia memilih bekerja sendiri dan tetap support pelayanan. Setiap minggu dia masih berkotbah di gereja. Kadang di kebaktian umum atau di kaum muda. “Dulu Scotland yang paling banyak mengirimkan misionari ke seluruh dunia. Tetapi sekarang justru Scotland yang membutuhkan misionaris”, ujarnya. Jemaat di gerejanya hanya sekitar 60 orang karena dia memang tinggal di Kyle of Locash yang hanya berpenduduk sekitar 800 orang. Dan ada beberapa gereja di sana.

img_3357

Dunvegal Castle.

Putra sulungnya yang berusia 12 tahun,bercita-cita menjadi misionari ke Bolivia. Dia suka sekali membaca autobiografi para misionaris seperti David Livingstone dan lainnya. Dia juga sudah mempelajari secara mendetil tentang Bolivia dan mendoakannya. Mungkin darah misionari memang mengalir dalam keluarganya, ditambah dengan hati yang memang mengasihi Tuhan.

“Kadang-kadang saya sedih, hanya ada 1 tamu. Ah… berarti tidak ada keuntungan,” jelasnya, “tetapi karena hanya 1 orang, pembicaraan menjadi intens dan tamu ini tertarik ketika saya sharing tentang kebenaran firman Tuhan dan tentang Yesus. Ternyata Tuhan punya rencana khusus hanya mengirimkan 1 tamu hari ini.

Hidup memang tidak pernah menjanjikan sesuatu yang berjalan mulus, tetapi ketika kita mampu mensyukuri segala sesuatu, maka kita akan selalu menemukan rencana Tuhan yang indah dibalik semua yang terjadi. Tidak hanya sekedar belibur menikmati keindahan Scotland Highland, saya dan suami juga menikmati bonus berkat: bertemu dengan saudara seiman yang juga kerabat David Livingstone dan juga kesaksian ucapan syukur yang membuat hidup Stuart penuh damai serta sukacita. Tidak ada kebetulan di dunia ini, pertemuan dengan Stuart telah diatur Tuhan untuk menorehkan warna berbeda dalam kehidupan saya.

 

 

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Labuan Bajo Day 4: Rangko Cave, Batu Cermin & Sunset @ La Cecile Hill.
Grossglockner Jalan Keren Berkelok-kelok & Kaizer Franz Joseph Glacier.
Sarajevo & Perang Bosnia.