Articles

Pentingnya Gereja Lokal Yang Kerap Dilupakan!


Gospel Truth’s Cakes
Yenny Indra

Pentingnya Gereja Lokal Yang Kerap Dilupakan!

Saat di Sekolah Charis, kami disarankan agar mendoakan orang-orang yang datang meminta dukungan doa tetapi tidak memberikan konseling.
Saat itu saya berpikir, kenapa ya?
Tapi ya sudah, taat saja. Tugas murid kan harus bersedia diajar.

Nach sekarang saya tahu jawabannya.

Ternyata memang semestinya, seseorang konseling dengan gembala di gereja lokalnya. Ibaratnya, yang mendidik seorang anak ya orangtuanya, bukan minta saran kepada orangtua tetangganya.
Wow… makes sense.

Saat seseorang konseling dengan orang luar, meski dia tokoh rohani yang hebat, sesungguhnya si konselor hanya bisa memberi saran sesuai info yang disajikan orang itu.
Jika masalah yang dihadapi menyangkut orang lain, berarti si konselor hanya bisa mendengar dari satu sisi saja yang pasti tidak berimbang dan belum tentu sesuai fakta.

“Tapi saya beneran gak bohong B. Yenny.. saya jujur apa adanya”

Yess, saya percaya banget.
Petrus pun merasa begitu, saat dia berjanji, “Tuhan, aku bersedia masuk penjara dan mati bersama-sama dengan Engkau!”
Tetapi Yesus berkata: “Aku berkata kepadamu, Petrus, hari ini ayam tidak akan berkokok, sebelum engkau tiga kali menyangkal, bahwa engkau mengenal Aku.” Lukas 22:33-34 (TB)

Tuhan tahu sampai di mana batas-batas iman Petrus, demikian juga iman kita.

Hati kita sendiri dapat menipu (Yeremia 17:9) Kita sering menilai diri sendiri lebih tinggi dari yang sebenarnya tentang iman dan kesetiaan kita kepada Tuhan serta tentang niat baik kita sendiri. Info kita selalu condong membenarkan diri sendiri, entah disadari atau tidak.

Amsal 18:17 (TB) Pembicara pertama dalam suatu pertikaian nampaknya benar, lalu datanglah orang lain dan menyelidiki perkaranya.

Sedangkan gembala gereja lokal, mengenal pasangan dan mungkin juga teman dengan siapa orang itu bermasalah. Bisa check & recheck kebenaran dan kesalahpahaman yang terjadi. Melihat permasalahan dengan lebih tepat. Sang gembala gereja lokal dapat memberikan saran yang lebih jujur, lebih tepat sasaran juga, karena mengenal orang itu sejak bertahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, seorang gembala gereja lokal, itu diberi urapan khusus oleh Tuhan, untuk mengarahkan jemaatnya. Karena jemaat itu semestinya ditetapkan Tuhan di gereja tertentu. Menjadi bagian Tubuh Kristus yang berfungsi dengan baik.

Bukan seperti sekarang, banyak orang yang memilih gereja lokalnya tanpa berdoa dan bertanya kepada Tuhan. Bahkan tersinggung sedikit, memilih pindah gereja.

Di gereja lokal inilah kita dibentuk, diproses: besi menajamkan besi, belajar melayani, saling mengampuni, bertoleransi dll.
Tersinggung merupakan bagian dari proses, bagaimana kita bisa mengelola emosi, ketersinggungan, belajar mengampuni, mengendalikan diri, mengakui kesalahan dan bertobat.
Tidak menjadi bagian gereja lokal dan Tubuh Kristus, juga membuat kita rentan terhadap serangan si iblis.

Tidak ada gaun indah tercipta, tanpa ada gunting yang melukai kainnya.

Saat tidak tertanam di gereja lokal, artinya kita tidak pernah diproses dan dibentuk. That’s why, hidup kita pun tidak ke mana-mana.
Berkat, promosi, dipercaya mengelola hal-hal besar, berkaitan langsung serta berbanding lurus dengan ketrampilan dan kedewasaan rohani kita.

Setiap orang percaya yang lahir baru, memiliki ukuran iman dari Allah yang sama, memiliki urapan yang sama. Allah itu adil, tidak memandang muka. Tetapi ketrampilan kita, our skillful, masing-masing berbeda, tergantung apakah kita melatihnya atau tidak.

Ibarat, setiap bayi lahir dengan jumlah otot yang sama. Namun Ade Ray melatihnya sehingga terampil mengangkat beban yang berat, otot-ototnya terbentuk bagus bahkan mendapatkan juara body builder. Sementara kebanyakan kita tidak.

Inilah alasannya, semestinya gembala gereja lokal yang mengonseling jemaatnya.
Konon jika konselor luar yang mengonseling jemaat itu, bisa jadi saran-sarannya bertentangan dengan saran sang gembala gereja lokal. Justru menimbulkan masalah baru. Nach konselor luar kan ketemunya jarang-jarang, tentu kelihatan lebih oke.

Jika si jemaat memang merasa tidak cocok di gereja lokal tsb, better berdoa, tanya Tuhan, mesti ke gereja mana yang tepat di mana dia bisa tertanam, bertumbuh dan makin skillful sehingga hidupnya berkemenangan.
Itu lebih baik daripada setengah hati berjemaat di gereja lokal tsb.

Bagaimana pendapat Anda?

*When a person becomes a Christian, he doesn’t just join a local church because it’s a good habit for growing in spiritual maturity. He joins a local church because it’s the expression of what Christ has made him—a member of the body of Christ. – Mark Dever.*

*Ketika seseorang menjadi seorang Kristen, dia tidak hanya bergabung dengan gereja lokal karena itu merupakan kebiasaan yang baik untuk bertumbuh dalam kedewasaan rohani. Dia bergabung dengan gereja lokal karena itu adalah ekspresi dari apa yang Kristus telah menjadikan dia—anggota tubuh Kristus. – Mark Dever.*

YennyIndra
TANGKI AIR *ANTI VIRUS* & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
THE REPUBLIC OF SVARGA
SWEET O’ TREAT
AESTICA INDONESIA – AESTICA ID
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

#gospeltruth’s truth
#yennyindra
#InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan
#mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Hati Bapa dinyatakan dalam pelayanan Anak.
Adil, Ekspektasi & Sikap kita!
Ada Tertulis…..