Articles

Penyembuhan dan Trauma

Gospel Truth’s Cakes
Yenny Indra

Penyembuhan dan Trauma

Kita tahu bahwa manusia terdiri dari roh, jiwa dan tubuh. Secara umum kita dapat mendefinisikan jiwa untuk memasukkan dimensi mental dan emosional.
Ada empat area dalam hidup kita yang membutuhkan kekuatan pembaharuan dari Roh Kudus dan pemulihan Firman: roh kita, pikiran kita, emosi kita dan tubuh kita.

Keempat area ini saling berhubungan dalam banyak hal. Tantangan mental dapat mempengaruhi emosi dan masalah emosional dapat mempengaruhi pikiran. Kedua area ini dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik, dan tantangan fisik juga dapat berdampak negatif pada pikiran dan emosi.
Masalah utamanya adalah jiwa manusia. Roh yang tidak sehat, yaitu roh yang terpisah dari aliran kehidupan Tuhan yang terus-menerus. Ketika kita tidak diberi makan secara rohani, maka seluruh keberadaan kita bisa menderita.

Ini bukan tentang apakah seseorang diselamatkan atau tidak (dilahirkan kembali), tetapi apakah mereka sehat secara rohani, mental, emosional dan fisik. Penyembuhan lebih dari sekedar masalah fisik. Sering kali, masalah fisik hanyalah gejala dari kebutuhan yang lebih besar.

Salah satu peristiwa yang paling berpotensi merusak dalam hidup adalah trauma. Peristiwa traumatis dapat mencakup kehilangan yang tidak terduga dari orang yang dicintai, stres akut, bencana alam, perceraian, diagnosis medis yang negatif, masalah hukum, beban keuangan, putusnya hubungan dengan anak-anak atau orang tua, dll. Daftarnya bisa terus bertambah. Peristiwa semacam itu dapat mempengaruhi keempat bidang kehidupan kita.
Trauma emosional dan trauma mental dapat memicu reaksi fisik, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Trauma fisik, seperti kecelakaan, dapat merusak stabilitas mental dan emosional. Jika kondisi rohani seseorang tidak teguh di dalam Kristus, trauma yang tidak terselesaikan dapat membawa kehancuran besar bagi kehidupannya.

“Roh seseorang akan menopangnya dalam penyakit, Tetapi siapa yang dapat menanggung roh yang hancur?” (Ams.18: 14)

“… .Dengan kesedihan hati, roh hancur.” (Ams. 15:13) Dan, apa akibat dari patah semangat?

“… ..Semangat yang patah mengeringkan tulang.” (Ams.17: 22)

Dengan demikian, kesedihan hati yang dapat diakibatkan oleh berbagai macam trauma, pada akhirnya dapat ‘mengeringkan tulang’ yaitu berdampak negatif pada fisik. Sekali lagi, semua area ini saling berhubungan. Seperti rangkaian kartu domino, ketika yang pertama jatuh, yang lain bisa terkena dampaknya. Bahkan orang Kristen pun bisa menderita di area ini.
Itulah sebabnya mengapa Paulus berdoa seperti yang dia lakukan dalam Efesus 3:16, “supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu.”

Apa jawabannya?

“Roh Tuhan ada pada-Ku, karena Dia telah mengurapi Aku untuk memberitakan Injil kepada orang miskin; Dia telah mengutus Aku untuk menyembuhkan yang patah hati, Untuk menyatakan kebebasan kepada tawanan dan pemulihan penglihatan bagi yang buta, Untuk membebaskan mereka yang tertindas; ” (Lukas 4:18)

Apa pun penderitaan dan sumber penderitaannya, Yesus datang untuk menyembuhkannya. Apakah kita menderita secara mental, emosional, fisik mau pun spiritual, Yesus adalah jawabannya. ‘Manusia batiniah’ yang sehat, berada dalam persekutuan dengan Bapa dan penuh dengan iman, sukacita serta kasih. Itu merupakan sumber penyembuhan di setiap bidang kehidupan lainnya.

“Hati yang gembira adalah obat yang manjur.”
Amsal 17:22 (TB)

Bertekadlah untuk membiarkan Firman dan Roh melahirkan harapan baik secara mental mau pun emosional. Mulailah hidup dengan pujian serta ucapan syukur. Bersikaplah proaktif dalam menerima pelayanan Yesus di setiap bidang kehidupan kita.

[“Healing and Trauma”, – Barry Bennett, diterjemahkan oleh Yenny Indra].

YennyIndra
TANGKI AIR ANTI VIRUS & PIPA PVC
MPOIN PLUS & PIPAKU
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

Klik:
https://mpoin.com/

gospeltruth’scakes

yennyindra

InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan

mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
From Nothing To Something
Perubahan Mindset.
“Bagaimana kita dapat mengalahkan depresi, kebingungan, keraguan dan ketakutan?”