Articles

Self Confidence. Bagaimana Memperolehnya?

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Self Confidence. Bagaimana Memperolehnya?

Dulu saya suka sekali membaca berbagai buku tentang membangun self confidence dan mengikuti berbagai seminarnya. Membangun rasa percaya diri yang mantap, dengan melihat berbagai contoh tokoh-tokoh yang hebat. Saya ingin meneladani & menjadi seperti mereka!

Berbagai trik dan strategi dipelajari, makin lama justru saya merasa makin tidak mampu. Mungkin memang tidak cocok untuk saya. Entahlah…

Saat pengenalan terhadap Tuhan makin mendalam, ada kelegaan luar biasa.
Why?
Saya tidak perlu bergantung pada kekuatan dan kehebatan diri sendiri, tetapi cukup bergantung kepada Tuhan yang tinggal di dalam roh saya!

*It is not about me, but only about Him!*
Semua bukan tentang saya lagi, tetapi tentang Dia!
Dan itu sangat melegakan.

Sekian tahun lalu, setiap menulis Seruput Kopi Cantik, ada beban kuatir tulisan itu tidak disukai pembaca.
Sekarang tidak lagi.
Saya hanya mengikuti dorongan Tuhan dalam hati, apa yang harus ditulis, bagaimana menulisnya dan kapan harus di post.

Kalau dipuji, yang patut dimuliakan itu Tuhan.
Saat tidak disukai pun, itu dari Tuhan. Saya hanya pena di tangan-Nya.
Gak ada kredit buat saya. Enteng tanpa beban.

Yang unik, semakin bergantung pada Tuhan, makin banyak yang menerima berkat dari tulisan itu. Semua karena yang ditulis itu firman Tuhan, dan firman itu berkuasa serta membuktikan dirinya sendiri. Kuasa dalam firman itu yang menjadi pewahyuan bagi pembaca.

Ketika ada teman yang mengira saya sembuh dari hipertiroid karena saya memiliki iman yang luar biasa, segera saya ralat. Itu karena Tuhan, bukan karena saya. Ukuran iman setiap orang sama!

Dalam bisnis, jauh lebih enteng. Saya mengingatkan diri sendiri bahwa berkat dari Tuhan asalnya. Bukan karena kehebatan dan usaha kami. Kuncinya fokus kepada Tuhan, seperti Yusuf, maka Tuhan yang membuat apa pun yang kami kerjakan berhasil.

Kami bukan serba TER…. terbaik, terhebat dan ter … lainnya, tetapi berkat selalu ada, solusi senantiasa tersedia, bahkan perkara ‘mustahil’ secara umum, begitu kerap terjadi. Ucapan syukur tak henti-hentinya mengalir…
Tuhan baik dan selalu baik!

Ketika ada seseorang yang marah dan kata-katanya merendahkan, saya justru terpukau. Lha iya…. Kami bukan yang heboh dan dahsyat, tapi Tuhan melimpahkan berkat-Nya sedemikian rupa… Kami berkecukupan. Apa pun yang kami butuhkan, Tuhan menyediakan.
Apalagi kalau kami lebih lagi melekat kepadaNya, tentunya kami akan jadi tembaga yang efektif menyalurkan listrik ‘berkat’-Nya bukannya menjadi karet yang menghambat berkat-Nya mengalir.

Tentang tembaga dan karet baca:

Bagaimana kalau ada proyek yang lolos?
Seperti kata Greg Mohr, tidak semua proyek merupakan bagian kita. Tetapi yang Tuhan berikan, selalu berkat yang indah untuk dinikmati dan membawa damai.
Tidak perlu ‘ngoyo’, ngotot, percayalah Tuhan memberi yang terbaik. Yang penting kita _do our best._

Saya belajar tidak harus yang punya uang yang paling banyak, yang menang. Kadang saya dapatkan aset dengan harga jauh dibawah pasar, ditawarkan begitu saja dengan proses yang mudah. Tuhan mempertemukan dengan orang-orang baik di sepanjang jalan kehidupan.

Uang dan harta, kalau mau datang, gak ada yang bisa mencegahnya.
Sebaliknya, kalau mau hilang, juga tidak kekurangan jalan.
Hati jangan melekat pada uang dan harta, bikin stres.
Lebih baik melekat pada Sang Pemberi berkatnya, yaitu Tuhan, Allah kita yang Maha Dahsyat!

Hidup tidak lepas dari masalah.
Saya belajar, serahkan saja kepada Tuhan.
‘Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.’
Ya sudah, saya serahkan yang saya kuatirkan, lalu sampaikan apa yang saya inginkan.
Dan percaya. Titik.
Dari pengalaman, Tuhan menyelesaikan dengan cara yang jauh lebih baik daripada apa yang bisa saya pikirkan.
Dia Allah yang setia.

*Confidence is the fruit of trusting God. When we trust Him, we may not have all the answers, but we are confident that He does.*

*Keyakinan adalah buah dari mempercayai Tuhan.  Ketika kita percaya kepada-Nya, kita mungkin tidak memiliki semua jawaban, tetapi kita yakin bahwa Dia memilikinya.*

Sekarang rasa percaya diri saya tidak lagi bergantung pada kemampuan diri sendiri, tetapi bergantung kepada-Nya. Karena Tuhan yang tinggal di dalamku, lebih besar daripada tantangan yang ada di dunia ini.

All things are possible to him who believes.
Segala sesuatu itu mungkin bagi orang yang percaya.

Sukses dari Tuhan.
Promosi dari Tuhan.
Kesembuhan dari Tuhan.
Pertolongan dari Tuhan.
Dst… Dst…
Dan tidak ada kebahagiaan serta kedamaian yang melebihi kesadaran bahwa kita berada di tengah-tengah kehendak Tuhan dan sedang menggenapi tujuan hidup kita sesuai dengan kehendak-Nya.

Simple bukan?

*If God doesn’t build the house, the builders only build shacks. If God doesn’t guard the city, the night watchman might as well nap. It’s useless to rise early and go to bed late, and work your worried fingers to the bone. Don’t you know he enjoys giving rest to those he loves?*

*Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga. Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah — sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.*

YennyIndra
TANGKI AIR *ANTI VIRUS* & PIPA PVC *MPOIN PLUS & PIPAKU*
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

https://instagram.com/mpoinpipaku.id?igshid=rjebfgas4dec

Or

https://mpoin.com/

#SeruputKopiCantik
#yennyindra
#InspirasiTuhan #MotivasiKebaikan
#mengenalTuhan #FirmanTuhan

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
“Iman atau Ketakutan Pada Masa Sekarang Ini?”
HIKMAT VS KEBODOHAN MANUSIA
Apa Senjata Pamungkas Yang Kerap Dilupakan Orang Kristen?