Articles, Travelling

Kota Kotor Yang Bersih Di Montenegro.

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Kota Kotor Yang Bersih Di Montenegro.

“Hah…. Ngapain ke Kotor ? Cari yang bersih saja…”

Kotor bukan sesuatu yang buruk. Jangan berburuk sangka dulu. Kotor ini bukan jorok… tetapi justru luar biasa indahnya. Nama kota cantik di Negara Montenegro, yang merupakan daerah Balkan yang terkenal. Tak heran setiap tahun setidaknya 500 kapal pesiar bersandar di sana.

Pagi ini sebelum meninggalkan Kota Dubrovnik, kami sibuk berfoto-ria di Hotel Neptune. Resto kami menghadap laut dengan batu-batu cantik di tengahnya. Bahkan kolam renangnya dibangun di atas batu karang cantik dari laut.
P. Indra selalu tahu mengambil spot cantik, maka seperti biasa sibuk memotret teman-teman.

Dari Dubrovnik menuju kota paling terkenal bagi turis, Kota Kotor di Negara Montenegro. Monte artinya gunung. Negri artinya hitam. Karena Montenegro dikelilingi gunung hitam. Seperti mangkuk.
Kota Kotor dikelilingi gunung-gunung tinggi sehingga cantik sekali.
Meski nama kotanya Kotor tetapi kotanya benar-benar bersih & cantik pula.

Melewati Border alias perbatasan lagi karena Montenegro, Bosnia & Serbia masih belum bergabung dengan Uni Eropa.
Lamaaa .. menunggu di Border.
Dan kartu telpon Eropa yang saya beli, tidak ada signal di Montenegro, Bosnia & Serbia.

Setelah keluar, dalam perjalanan mengisi bahan bakar bus, nampak seorang anak laki-laki tampan sekitar 5 tahun usianya, sedang naik sepeda motor mini. Keluar asap… Betul berarti motor. Lucu sekali… Dia makin bergaya menyadari kami semua menonton dan mengambil fotonya.

Dengan bus kami menyeberangi teluk. Biar pun pendek hanya 5 menit menyeberang, kami dan beberapa teman turun jepret..jepret … mengabadikan pemandangan yang indah.

Resto untuk lunch kami sangat keren! Tepat di ujung bukit menghadap teluk di mana ada Costa Deliziosa Cruise (kapal pesiar) sedang bersandar.
Sambil makan, kami menikmati 2 mobil yang sedang balapan bolak balik mengitari jalan yang berkelok-kelok. Wow keren amat…

Dalam perjalanan menuju ke Old town, kelihatan 2 mobil yang balapan sedang ditilang polisi di tepi jalan. Nach lho… 🙂

Old town Kotor tepat di samping pelabuhan. Port of Luka Kotor, nama pelabuhannya.
Segera seorang teman berkomentar, “Infeksi dong…” 🙂

Kota Kotor dikelilingi tembok seperti Dubrovnik. Montenegro yang berada di ujung Laut Adriatik adalah tempat yang strategis. Tidak heran sejak jaman dulu banyak negara ingin menguasainya. Berbatasan dengan Bosnia dan Venice.

Sesungguhnya bahasa-bahasa di negara Balkan hampir sama semuanya. Hanya berbeda dialek saja. Tetapi mereka tidak mau mengakui. Mereka bilang, ini bahasa Montenegro, bahasa Bosnia, bahasa Croatia dll padahal meski namanya berbeda, semua saling paham.

Old town tidak terlalu besar, penuh toko souvenir, resto dan berbagai toko lainnya. Banyak juga peserta Cruise yang sedang docking explore Kota Kotor yang indah.

Karena banyak kucing berkeliaran di kota tua, maka kucing menjadi icon Kota Kotor. Bahkan ada Cats Museum. Berbagai kaos dengan design kucing dengan beraneka gaya.

Nach yang lucu lagi, ada Gossip Square di Old Town.
Apa isinya?
Lapangan dengan pompa air di tengahnya. Pada jaman dahulu ibu-ibu suka bergosip sambil menimba air, itulah sebabnya terkenal sebagai Gossip Square.
Sekarang pompa air kuno sudah tidak digunakan lagi, tetapi tetap dilestarikan dan diberi pelindung.

Yang melelahkan dari Kotor ke Dubrovnik harus melewati Border lagi. Dan antriannya… Luaaama banget, kata orang Surabaya…. 🙁

Untunglah dalam bus banyak teman yang lucu-lucu. P. Hendri, P. Edi & P. Jeffry gak berhenti bikin cerita-cerita lucu. Bercanda ria sampai ga berhenti tertawa… Srimulat pun lewat.. 🙂 🙂 🙂 dari menyanyi hingga berbagi cerita…
Saking lamanya, sampai ramai-ramai belajar foto.
Lumayan untuk pembunuh waktu.

Adventure may hurt you but monotony will kill you.

Petualangan mungkin saja melukai Anda, tetapi kehidupan monoton akan membunuh Anda.

YennyIndra
TANGKI AIR & PIPA PVC
MPOIN PLUS
PRODUK TERBAIK
PEDULI KESEHATAN

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Mobil Mewah, Mie Dingin & Visa Keluar di Korut.
Labuan Bajo Day 2: Pulau Padar, Pulau Komodo, Pink Beach, Taka Makassar & Snorkeling Manta Point.
Golden Chance To Meet Manchester United Players