Articles, Travelling

Pengalaman di Korea Utara Yang Unik.

Seruput Kopi Cantik
Yenny Indra

Pengalaman di Korea Utara Yang Unik.

Sebelum berangkat, dalam pikiran tersirat bahwa negara yang akan dikunjungi miskin, semua dibatasi dan kuno. Internet tidak ada.

Karena itu saya cukup terpukau ketika masuk kota Pyongyang ternyata banyak bangunan bertingkat tinggi yang modern. Rakyat tinggal di apartemen yang terawat baik.
Dan satu hal yang sangat berkesan, di mana-mana sangat bersih, tidak ada sedikit pun sampah yang berserakan seperti umumnya kota besar.
Selain itu, gadisnya cantik-cantik. Kulitnya bersih. Berbeda dengan Korea Selatan, banyak yang cantik karena operasi plastik, di utara polos, cantik asli dan kebanyakan memiliki lipatan mata asli.

Hotel yang kami tempati biasa untuk tamu delegasi negara, Koryo Hotel. Meski dibangun th 1985, bersih dan sangat terawat. Lega…
Bakan hotel kami yang terakhir memiliki revolving restaurant, resto yang bisa berputar. Dan ada kasino juga, kerjasama dengan Macau. Lumayan maju juga.

War Museum yang kami kunjungi, besar, mewah dan modern, bahkan tidak kalah dengan museum Hiroshima di Jepang. Menceritakan sejarah dengan dekorasi apik yang menggambarkan peperangan saat itu.
Dan senang sekali ketika melihat foto Bung Karno dengan Presiden Kim Il Sung terpampang di sana.

Demikian juga ketika menikmati koleksi cendera mata dari negara-negara sahabat, semuanya dipajang dalam bangunan 3 lantai yang mewah di Mount Myohyang nan sejuk di antara pohon-pohon pinus.
Ada ruangan khusus cendera mata dari Indonesia. Foto-foto beberapa pejabat Indonesia, termasuk Ibu Megawati Sukarnoputri terpampang di sana. Ratusan ribu koleksi yang ditata dalam ruangan yang mewah lengkap dengan patung lilin Presiden, Jendral dan Ibu Negara yang ditata dalam dekorasi 3 dimensi dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Sangat memukau dan mengagumkan. Jika ingin melihat semuanya, butuh waktu 2 hari. Para pengunjung harus berbaris memberi hormat di depan patung tsb.

Apalagi saat mengunjungi tempat persemayaman jasad Presiden dan Jendral yang diawetkan, pengamanan sangat ketat. Orang-orang lokal tidak hanya bersikap hormat tetapi wajah mereka menunjukkan kesedihan mendalam.

Uniknya di Korea Utara hanya ada 1 Presiden yaitu Kim Il Sung, hanya ada 1 Jendral yaitu Kim Jong Il, putra Presiden Kim. Dan hanya ada 1 Marsekal, yaitu Kim Jong Un, cucunya.
Rakyat sangat menghormati para pemimpinnya, bahkan foto di depan patung Presiden dan Jendral di tempat umum pun harus dalam posisi tegak dan hormat. Dilarang menunjuk-nunjuk dengan jari. Tidak sopan! Apalagi foto di depannya dengan berbagai gaya. Tabu…
Para pemimpin bagaikan Dewa bagi mereka…
Padahal di Indonesia, Presiden pun kerap di bully. ?

Keadaan di Korut benar-benar bertolak belakang dari bayangan semula. Children Camp, Children Palace yang merupakan fasilitas untuk anak-anak sedemikian bagus, teratur, terarah dan semuanya gratis. Tidak heran talenta- talenta bisa dikembangkan dengan maksimal. Supermarket untuk orang-orang lokal, juga besar dan lengkap. Turis hanya bisa berbelanja di tempat tertentu dengan mata uang RMB, USD atau Euro. Ada 1 supermarket lokal yang kami diijinkan untuk berbelanja dengan menukarkan uang Won tetapi selesai belanja, harus ditukarkan kembali ke mata uang asing. Harga barang-barang untuk orang lokal sangat murah, berbeda dengan harga untuk turis yang mahal. Mereka hidup cukup tapi tidak bisa kaya. Sama rata sama rasa sesuai prinsip komunisme.

Tidak hanya itu, kami nyaris tidak bisa pulang karena tidak punya Visa Keluar!
Lho koq ada Visa Keluar? ?
Bagaimana ceritanya?
Nantikan kisahnya di Seruput Kopi Cantik berikutnya.

*If you change the way you look at things, the things you look at change. – Wayne Dyer*

*Jika Anda mengubah cara Anda melihat sesuatu, hal-hal yang Anda lihat akan berubah. – Wayne Dyer*

YennyIndraT

TANGKI AIR & PIPA PVC

MPOIN PLUS
PRODUK PEDULI
KESEHATAN TERBAIK
www.mpoin.com

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
ALGARVE & BENAGIL CAVE: One of The Most Amazing Caves in The World
Merano City, High Alpine Border – Perbatasan Antar Negara Di Ketinggian 2600 m & Aqua Dome Yang Mewah.
Sarajevo & Perang Bosnia.