Articles, Self Motivation

Tetapi Allah….

one day...

.

Diduga stres karena tak bisa mengerjakan soal Matematika pada Ujian Nasional , Leony Alvionita,14 th, seorang pelajar SMPN 1 Tabanan, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di rumahnya di Jalan Mawar, Banjar Grogak Gede, Desa Delod Peken, Kabupaten Tabanan, Bali.

Di University of Auckland, New Zealand, November 2012 seorang mahasiswa melompat dari lantai 6 dan tewas karena gagal memperoleh nilai A+.

Pada tahun 2008, Miliarder Jerman Adolf Merckle, salah satu orang terkaya di dunia, bunuh diri setelah kerajaan bisnisnya mendapat masalah di tengah krisis keuangan internasional. Merckle, 74, ditabrak kereta api di kota barat daya Ulm, kata polisi. Merckle adalah nomor 94 dalam daftar Forbes orang terkaya di dunia. Dia jatuh dari nomor 44 pada daftar orang kaya yang dirilis Forbes 2007,  kekayaannya menurun dari 12.8 juta dollar Amerika  menjadi $ 9.2 juta dollar Amerika pada tahun 2008.

.

Adolf Merckle

Adolf Merckle

Sungguh berita yang membuat hati miris. Meski harus turun peringkat dari daftar 44 Forbes ke urutan 94, sesungguhnya Merckle masih jauh lebih kaya daripada ratusan juta orang di atas muka bumi ini. Mengapa harus bunuh diri?

Leony yang kesulitan menghadapi ujian matematika dan sang mahasiswa dari University of Auckland, yang tidak mendapatkan nilai A+, sesungguhnya bukanlah kiamat, mengapa harus bunuh diri?

Pada kenyataan hidup di dunia, banyak orang yang hidup sukses dan berprestasi meski pun nilai matematikanya kurang bagus. Bahkan Robert Kiyosaki menulis buku yang berjudul Why “A” Students Work for “C” Students justru murid dengan nilai C menjadi bos dari murid-murid dengan level A.

.

Maya Angelou

Dr. Maya Angelou

Dr. Maya Angelou, seorang penulis Amerika, terkenal  dengan kata-katanya, “When you know better, you do better” (ketika engkau tahu yang lebih baik, engkau dapat bertindak lebih baik).

Ada orang-orang yang hanya memandang hidup dengan satu cara pikir. Bahkan Merckle yang berhasil membangun kerajaan bisnis secara luar biasa, saat terpuruk hanya berpikir dengan satu cara: menganggap kegagalannya akhir dari segalanya. Karena mereka bergantung kepada kekuatannya sendiri. Saat stress dan merasa tidak ada jalan keluar lalu putus asa dan memilih bunuh diri.

.

“When you know better, you do better”. Menyadari bahwa kemampuan manusia terbatas, hendaknya kita bersedia membuka pikiran kita terhadap pemahaman-pemahaman baru sehingga kita dapat menyelesaikan masalah dengan lebih bijak.

Pelangi muncul di balik awan. Senantiasa ada pengharapan di dalam Tuhan karena Dialah Sang Pencipta alam semesta. Apa yang sulit bagi-Nya? Tuhan bisa mengubah segala sesuatu dalam sekejap bahkan yang menarik, Tuhan memanfaatkan hal buruk yang menimpa kita untuk dijadikan batu pijakan bagi kita untuk naik ke tempat yang lebih tinggi.

Bagi orang yang hidup dekat dengan Tuhan, mereka menyadari bahwa: “Kita bisa mengalami penderitaan tetapi Allah sanggup mengubah untuk kebaikan”. Saat satu pintu tertutup, Tuhan akan membuka jendela atau bahkan membukakan pintu kesempatan lain yang lebih baik.

.

George Washington Carver, seorang Afrika-Amerika, yang lahir pada tahun 1864. Orang tuanya adalah budak. Saat itu perang sipil baru berakhir setahun kemudian, sehingga kehidupan mereka sangatlah berat. Carver tidak bisa sekolah karena rasnya. Orang tuanya mengajar Carver membaca dan menulis di rumah. Nampaknya tidak ada harapan bagi masa depan Carver selain menjadi budak mengikuti jejak orang  tuanya. Tetapi Allah berkehendak lain…

 .

Suatu hari Carver berdoa kepada Tuhan meminta agar memberinya pemahaman akan  rahasia alam semesta. Menurut Carver, Tuhan mengawali dengan memberinya pemahaman pada hal yang paling kecil, kacang. Meski tidak sekolah namun Carver tertarik sekali dengan tanaman. Dia kerap kali mengambil tanaman yang hampir mati lalu memeliharanya hingga subur kembali. Carver dijiluki sebagai “Dokter Tanaman”.

.

george-washington-carver

.

Orang-orang di Amerika Selatan hanya menanam kapas di tanah mereka. Lama kelamaan tanahnya menjadi gersang dan hasil kapas terus menurun. Carver mendorong mereka untuk menggilir tanaman yang ditanam. Setahun menanam kapas, lalu tahun depan diganti dengan menanam kacang, agar dapat mengembalikan kesuburan tanah. Selain hasil kacang, tanamannya bisa untuk memberi makan ternak. Jika kapas dipanen sekali setahun, kacang bisa dipanen dalam waktu tiga bulan. Berhasil! Daerah Amerika Selatan menjadi penghasil kacang terbesar di Amerika. Kehidupan petani menjadi lebih makmur.

.

Sering terdengar Carver berkata,”Tuhan telah memimpin saya, tanpa Juru Selamat saya tidak dapat berbuat apa-apa.” Carver percaya bahwa Sang Pencipta memberinya kemampuan ini.

“Dia meminta Tuhan menunjukkan kepadanya rahasia alam semesta,” ujar Frank J.Toland dari Tuskegee University, “Tuhan menjawabnya dengan membukakan pikirannya tentang hal yang kecil.” Kemudian Carver menimpali,”Lalu Tuhan membukakan misteri kacang tanah.”

.

Hidup memang tidak mudah. Masalah bisa datang tiba-tiba tanpa peringatan. Dalam sekejap pasar saham bisa hancur, kekayaan bisa tiba-tiba lenyap bagaikan bersayap. Kegagalan dalam bidang apa saja bisa mendadak hadir, membuat harapan menjadi hancur.  Justru itulah yang menyadarkan kita bahwa kita perlu Tuhan senantiasa. Kita tidak dapat menjalani hidup ini mengandalkan kekuatan kita sendiri. Kita perlu hikmat, kekuatan dan bimbinganNya. Semua yang kita miliki hanyalah titipan-Nya semata. Kesadaran ini menjauhkan hati kita dari kesombongan lalu bisa diganti dengan ucapan syukur bahwa kita ada di dunia ini untuk mengemban tugas khusus dan mempermuliakan nama-Nya. Semua yang bisa kita capai dan miliki hanyalah anugerah Tuhan semata. Selamat menjalani hidup dengan bijak!

.

OLEH: YENNYINDRA

.

Bibliografi:

–       Judul dan ide kisah dari Bp. Nurhayati, Morning Star Indonesia.

–       Kisah Leony dan mahasiswa New Zealand dari artikel Rhenard Khasali: kegagalam Jadi Alat Membentuk Karakter, Jawa pos minggu 11 Mei 2014.

–       Kisah Merckle dari CNN Europe http://edition.cnn.com/2009/WORLD/europe/01/06/germany.billionaire/

 

–       Kisah George Washington Carver:

 

http://www.cbn.com/cbnnews/us/2010/February/George-Washington-Carver-Master-Inventor-Artist/?Print=true

 

http://www.biography.com/people/george-washington-carver-9240299#early-years&awesm=~oEhHtnWitLdokd

.

Photos:

– Quotes of Dana Reinhardt About past, change, alone, truth, mean …

– Contemplating Suicide (2 of 2) | The World According to Xenocrates

– http://observationpaper.com/post/23206291582/i-did-then-what-i-knew-how-to-do-now-that-i-know
– http://www.learninggamesforkids.com/social_studies_games/inventor-games/george-washington-carver-jigsaw.html

 

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
“Anak yang Hilang Kembali kepada Bapanya.”
KAMBING HITAM
Apakah kesembuhan hanya tergantung pada iman orang yang melayani, atau iman si penderita juga penting?”

Leave Your Comment