Articles, Christianity

HARTA KARUN

.

Puluhan tahun yang lalu, saat memasuki SMU, saya sekolah di luar kota.  Saya berasal dari kota kecil di Jawa Tengah. Sudah menjadi kebiasaan warga di kota saya untuk menempuh pendidikan yang lebih baik dengan belajar di kota yang lebih besar karena mutu pendidikannya lebih baik dan fasilitasnya lebih lengkap.

.

Mama saya secara teratur selalu mengirimkan roti, kue dan makanan-makanan kesukaan saya melalui jasa travel. Maklum anak kost. Pada suatu hari, saya terkejut ketika membuka dos salah satu roti kiriman mama. Ada uang dalam jumlah cukup besar di dalamnya. Rupanya mama ingin memberi saya ekstra uang jajan, tetapi beliau tidak memberitahu saya. Akibatnya kiriman uang itu baru ditemukan setelah berminggu-minggu kemudian. Seandainya saja saya tidak membuka dos roti tersebut, saya pun tidak akan pernah menemukan uang yang tersimpan di sana.

.

Hal yang sama terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Tuhan meminta kita agar setia membaca firmanNya. Mengapa?

Kita perlu membuka ‘dos’ firman Tuhan agar kita bisa menemukan ‘uang’ di dalamnya.

Firman Tuhan berisi ribuan janji Tuhan bagi kita. Jika kita tidak mau membacanya, tentunya kita tidak akan mengerti jika ada harta karun yang tersedia dan sudah menjadi milik kita.

.

.

Patut diingat bahwa setiap janji Tuhan ada syarat yang harus dipenuhi. Prinsipnya, jika syaratnya dipenuhi maka janjiNya pasti terealisasi dalam hidup kita. Saat membaca Firman Tuhan, maka kita mengerti hak dan kewajiban kita. Kita bisa segera memenuhi persyaratannya, agar janjiNya terealisasi dalam hidup kita. Dengan demikian kita dapat mengambil langkah-langkah yang jelas  dan bertindak dengan seksama sehingga tujuan kita tercapai dengan efektif dan efisien.

.

Banyak orang yang berdoa dan ingin hidupnya diberkati, bahagia dan punya keluarga yang baik. Namun hanya sedikit yang bersedia belajar untuk mencapai apa yang diinginkannya. Itulah sebabnya W. Edwards Deming berkata,”Tidak ada pengganti untuk pengetahuan.”

.

.

Jika kita tidak menyadari ada ‘harta karun’ yang tersedia maka kita tidak akan mencoba mencarinya. Seandainya saja saya diberitahu bahwa ada uang tersimpan di dalam salah satu dos roti, maka saya akan berusaha mencarinya.

.

Hal yang sama terjadi dalam kehidupan kita. Saat ini kita semua tahu bahwa di dalam Firman Tuhan tersedia janji-janji untuk hidup bahagia, berkelimpahan dan sehat. Bahkan Tuhan berkata, umur panjang ada di tangan kanan orang yang memiliki hikmat Tuhan dan di tangan kirinya ada kemuliaan dan kehormatan. Semua berkat yang diimpikan oleh orang-orang di dunia tersedia di sana.

.

.

Namun jika kita tidak membacanya maka kita tidak tahu harta karun apa saja yang menjadi hak kita. Selain itu, setiap janji itu ada persyaratan untuk memperolehnya. Jika kita tidak tahu syaratnya, tentu saja kita tidak tahu cara memperoleh harta karunnya. Ada kewajiban yang harus kita penuhi.

Artinya, Tuhan memberi setiap manusia kesempatan yang sama namun pengetahuan dan pemahaman masing-masing manusia itulah yang menentukan seberapa besar berkat yang dapat  diterimanya.

.

Tunggu apalagi? Mari kita gali firman Tuhan dan nikmati harta karun yang sudah disediakan.

Kejarlah Sang Pemberi berkat, bergaullah dekat denganNya maka apa pun yang kita butuhkan, bahkan yang tidak pernah kita pikirkan, akan diberikanNya kepada kita. Jika kita saja sangat mencintai anak yang tahu mengambil hati kita, apalagi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bagaimana cara bergaul dekat dan mengambil hatiNya? Dengan mendengarkan perkataan-perkataan di dalam firmanNya. Selain itu, hendaklah kita selalu bergembira dan berdoa senantiasa. Dalam segala keadaan kita bersyukur, sebab itulah yang Allah inginkan sebagai orang yang hidup bersatu dengan Tuhan.

Tuhan memberkati.

.

“Knowledge is the treasure of a wise man.”

Pengetahuan adalah harta karun orang yang bijak.
Willam Penn –

.

“Faith begins where the will of God is known.”

Iman dimulai saat kita memahami kehendak Allah.

Kenneth E. Hagin Sr.

.

OLEH: YENNY INDRA

.

Photo:

http://www.kidsdental.ca/main-classroom.asp?id=3126

http://www.faltublog.com/2011/09/09/ready-for-playing-global-treasure-hunt-based-on-google-earth/

http://www.instantattitudes.com/shirts.html

http://ebenezerlove.org/event/praying-gods-promises-prayer-line-47/

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Damai Sejahtera Yang Melampaui Segala Akal Manusia
Surprise…. Surprise…. Surprise…. Wow…!”
Lho… Apa Hubungan Investasi Dengan Tuhan & Agama?

Leave Your Comment