Articles, Relationship

KENDALIKAN HIDUPMU.

.

Karissa Smith sedang asyik browsing internet di sebuah perpustakaan lokal bersama putrinya yang berusia 4 bulan. Bayi ini sambil bermain-main berceloteh riang menggumamkan bahasa yang tidak jelas. Tiba-tiba seorang Pria tua berkata dengan kasar kepada Karissa agar menyuruh bayinya diam.

Karisssa menjawab, ”Saya ikut prihatin dengan apa yang terjadi dalam hidup Bapak, sehingga Bapak merasa terganggu dengan bayi sedang berbahagia ini. Namun saya tidak akan menyuruhnya diam dan saya tidak mengijinkan Bapak melakukannya juga.”

Pria tua itu terhenyak, lalu dia menundukkan kepala dan meminta maaf. Bapak ini menceritakan bahwa putranya yang masih bayi meninggal karena penyakit Sudden Infant Death Syndrome 50 tahun yang lalu. Dan sejak itu dia membenci bayi-bayi karena mengingatkan akan luka akibat kehilangan putranya. Dia meluapkan kemarahan dan duka hatinya selama berpuluh-puluh tahun hingga Karissa menyadarkannya hari itu.

.

Tidak banyak orang yang bisa bereaksi dengan bijak seperti Karissa. Pada umumnya orang akan takut lalu menyuruh bayinya diam. Atau justru marah dan mengajak bertengkar si bapak tua. Karissa dengan anggun mengendalikan situasi dengan mengambil posisi yang benar, melawan dengan halus dan mengajukan argumen yang cerdas.

Sesungguhnya Bapak tua marah dan kecewa kepada masalahnya sendiri tetapi dia melampiaskan rasa frustrasinya kepada orang lain. Jika Karrisa terpengaruh, maka dia ikut menjadi korban, masuk ke lingkaran masalah si Bapak tua.

.

Dalam hidup ini, selalu ada orang yang menyukai kita tetapi ada juga yang tidak puas dengan apa yang kita lakukan. Kita tidak bisa menyenangkan semua orang dan kita juga tidak perlu memaksa semua orang menyukai kita. Kita tidak perlu memaksakan diri sependapat dengan orang lain tetapi bersikaplah bijak agar kita pun bisa menghargai orang yang tidak sependapat dengan kita.

.

.

Ketika kita dikritik untuk sesuatu yang kita lakukan, kita terima dengan hati terbuka. Jika kritik itu memang benar dan kita bisa mengambil manfaatnya, ambil positifnya! Tanpa ada yang memberikan umpan balik, maka kita tidak akan pernah maju. Jangan malu atau gengsi untuk belajar dari orang yang lebih pandai dan berpengalaman. Belajar kepada ahlinya akan jauh lebih cepat, efektif dan efisien. Orang bijak berkata bahwa meluangkan 2 jam pembicaraan pribadi dengan orang yang pandai dan bijak, hasilnya jauh melebihi manfaat membaca 20 buku bagus.

Itulah sebabnya, untuk makan malam selama beberapa jam, satu meja dengan Warren Buffett, sang pakar investasi saham sekaligus orang ke tiga terkaya di dunia- orang harus rela membayar hingga $2.500.000 (dua juta lima ratus ribu dollar). Bayangkan!

.

.

Namun tidak semua kritikan itu benar. Ada juga orang yang berusaha menjatuhkan atau meremehkan orang lain dengan cara melemparkan kritik yang sama sekali tidak membangun. Biasanya, orang yang paling banyak berkomentar justru orang yang tidak pernah menghasilkan prestasi apa pun dan tidak berkompeten di bidang itu. Orang yang ahli di bidangnya, hanya sedikit berkomentar atau mengajukan pertanyaan, namun mengena pada intinya; membuat kita berpikir dan merenungkan kembali apa yang kita lakukan.

Menghadapi kritikan semacam ini, kita tidak perlu sakit hati. Belajarlah dari Karissa. Ternyata bapak tua itu marah-marah karena dia memiliki masalah pribadi dengan kepahitan dan duka yang sudah disimpan selama berpuluh-puluh tahun.  Jika Karissa ikut tersinggung, berarti Karissa membiarkan hidupnya pada saat itu dikendalikan oleh sang bapak tua.

.

Kendalikan hidup kita sendiri. Ada kalanya kita tidak bisa membuat orang lain berhenti mengkritik atau menghina kita, namun kita bisa mengendalikan respon kita terhadap hinaan atau fitnah yang tidak berdasar itu. Tidak perlu takut pada pandangan orang lain yang mendengarnya. Kebenaran akan terbuka. Tuhan itu adil. Justru saat kita tidak membela diri, dan berespon dengan bijak untuk menanggapinya, orang lain akan melihat bahwa kita berada satu level lebih tinggi dan lebih bijak daripada orang yang menghina kita. Tuhan yang akan membela kita. Dia akan membuat suatu peristiwa agar kebenaran kita akan menyala seperti siang, dimana matahari akan bersinar terang.

.

.

Kritik lebih mudah diterima saat kita menyadari

Bahwa orang yang tidak pernah dikritik adalah

Orang yang tidak pernah mengambil resiko.

Robert Kiyosaki

.

Ungkapan dari Robert Kiyosaki menyadarkan kita bahwa saat kita ingin maju maka kita harus berani mengambil resiko mencoba melakukan sesuatu yang baru. Jika kita hanya melakukan hal yang sama, tentu saja hidup kita akan tetap sama. Hal-hal baru akan selalu menimbulkan pertanyaan dan kritikan. Namun kesuksesan hanya akan dicapai oleh seseorang yang berani mengambil resiko untuk mencoba sesuatu yang baru dan memperjuangkan apa yang dia yakini. Tuhan suka dengan orang-orang yang berani membayar harganya.

.

Tuhan memerintahkan Samuel agar mengurapi Daud menjadi seorang raja. Namun tidak berarti Daud langsung duduk di kursi kerajaan. Daud harus mengalami berbagai pengalaman pahit, dikejar-kejar oleh Raja Saul, raja sebelumnya. Daud juga harus berperang bahkan sempat berpura-pura gila agar tidak dibunuh. Mengapa? Karena melalui berbagai pengalaman itu, karakter Daud dibentuk hingga dia layak menjadi seorang raja.

.

.

Siapkah kita menjadi ‘raja’? Ayo lakukan sesuatu yang baru sesuai dengan hikmat Tuhan. Jangan takut terhadap kritikan dan tantangan. Itu memang satu-satunya jalan menuju kesuksesan. Tidak ada jalan mudah menuju sukses.

Selamat berjuang!

.

TUHAN akan memberi keadilan kepada orang tertindas,

dan membela perkara orang miskin.

The Book of Psalm

.

Allah mengatur segala hal,

sehingga menghasilkan yang baik

untuk orang-orang yang mengasihi Dia

dan yang dipanggil-Nya sesuai dengan rencana-Nya.

The book of Rome

.

OLEH: YENNY INDRA

.

Kisah Karissa diambil dari:

Our Daily Bread – November 20, 2012 — by Marvin William

.

Photo: http://www.success.com/articles/812-take-control-of-your-life

http://superdoctor.org/tag/judgement/

http://intertwingly.net/slides/2005/etcon/7.html

http://www.lostgarden.com/2011/05/blunt-critique-of-game-criticism.html

http://www.bestquotes4you.com/2012/07/22/life-is-not-always-fair-but-god-is-working-to-make-something-beautiful-in-the-midst-of-your-difficulties/

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Mau Tahu Rahasia Daud Mengalahkan Goliat?
Doa Tidak Terjawab????
Living Content- Hidup Memuaskan. Mungkinkah?

Leave Your Comment