Articles, Self Motivation

MEMPROGRAM DIRI u/ SUKSES & BAHAGIA

.

Hidup berlangsung dari hari ke hari. Sesuatu yang rutin, biasa-biasa saja dan seringkali membosankan. Hidup pun jadi membosankan. Hal ini terjadi karena kita tidak pernah menyiapkan hari-hari kita dengan seksama. Sesuatu yang jarang disadari bahwa kebahagiaan hidup kita, ditentukan oleh momen-momen bahagia yang kita ciptakan setiap hari.

.

Karena itu, mari kita memutuskan untuk hidup bahagia. Lalu bagaimana caranya?

Pertama, ambil keputusan untuk hidup bahagia.

Lalu program hidup untuk bahagia.

Hidup saya berubah ketika saya mulai  memprogram 2  hal penting, sebelum memulai hari-hari saya setiap hari:

membangun antusiasme dan mengucap syukur.

.

.

Ketika bangun pagi, sebelum turun dari tempat tidur saya mengucap syukur karena saya masih diberi kesempatan hidup. Hidup adalah suatu anugerah yang tak ternilai harganya. Lalu saya mulai menghitung berkat-berkat yang Tuhan berikan.

.

Bersyukur untuk suami yang luar biasa. Yang unik ketika saya memutuskan bahwa suami saya adalah pria terbaik yang dianugerahkan Tuhan, terlepas dari segala kekurangannya, semakin hari dia menjadi suami yang lebih baik dan menyenangkan.  Hal-hal negatif berkurang dari waktu ke waktu. Semakin saya menghargai dan mengaguminya, semakin baik dia memperlakukan saya. Kualitas persahabatan kami pun kian meningkat.

.

Saya bersyukur untuk anak-anak yang hebat. Hal-hal kecil yang mereka capai, saya pandang sebagai sesuatu yang hebat dan membanggakan. Anak-anak sadar akan hal itu. Semakin hari, ada saja hal-hal ‘hebat’ yang mereka capai dan diceritakan kepada kami. Saya berusaha dengan tulus menggagumi dan membanggakan pencapaian mereka di mana pun saya berada. Sesuatu yang biasa, saat saya memutuskan bahwa itu luar biasa, maka tidak lama lagi yang luar biasa akan terealisasi. Sungguh menyenangkan.

.

Bisnis yang berjalan baik dan lancar. Bersyukur untuk karyawan-karyawan baik yang Tuhan berikan. Pelanggan dan supplier yang Tuhan sediakan. Semakin saya bersyukur, semakin banyak keberuntungan datang. Ada saja orang-orang yang memperlakukan kami secara special dan memberikan kemudahan-kemudahan bagi kami.

.

Saat masuk ke kamar mandi, saya membiasakan diri berdiri tegak dengan kepala terangkat dan tersenyum di depan cermin. Kalau pun tidak ingin tersenyum, saya paksakan diri untuk berakting tersenyum. Hasil penelitian mengatakan bahwa saat bahagia, orang tertawa. Sebaliknya juga, saat orang ‘tertawa’ maka dia akan bahagia. Ini salah satu cara membangun perasaan antusias.

.

Pandangi wajah kita, bersyukur dan kagumi. Betapa Tuhan baik. Kita sehat, normal, segar dan masih diberi kesempatan hidup. Ungkapkan rasa cinta kepada diri sendiri. Hanya orang yang bisa menerima dan mencintai dirinya sendiri, yang dapat mencintai orang lain. Ketika hati kita dipenuhi perasaan cinta, maka perasaan antusias dan bersemangat muncul menggebu-gebu.

.

Selesai mandi, keluar dari kamar, telah tersedia secangkir kopi dan sarapan pagi. Betapa kaya dan berbahagianya hidup saya. Ada pembantu setia yang sudah menyiapkannya. Bukankah ini sebuah kemewahan yang patut disyukuri meski pun mungkin sarapannya hanya sepiring nasi goreng? Saya bersyukur untuk pembantu saya yang baik dan setia.

Bagi para pria yang punya istri pandai memasak, bersyukurlah karena sudah ada yang menyiapkan makanan dan pakaian. Hargai istri Anda yang sudah bersusah payah. Ungkapkan perasaan cinta kepadanya.

.

Saya bersyukur untuk Kiko, anjing kami yang tampan dan lucu. Kiko membuat suasana di rumah kami dipenuhi tawa riang karena kehadirannya. Syukuri apa saja yang membuat hati kita senang. Bunga-bunga indah di taman, udara pagi yang segar, kicau burung, ikan-ikan cantik yang berenang kian ke mari di kolam.

Kiko yang tampan & lucu.

.

Ketika sudah melakukan ritual syukur dan membangkitkan perasaan antusias, maka saya akan menyambut hidup hari ini dengan penuh semangat. Keberuntungan, kebetulan-kebetulan baik terjadi. Tanpa sengaja bertemu dengan orang yang tepat, sehingga proyek lancar, mungkin order baru masuk dan sebagainya. Mengapa? Karena saya sudah memprogram hal-hal baik yang akan diterima, dengan sendirinya saat berkat Tuhan lewat, reaksi jadi cepat dan  tepat. Ucapan syukur membuat hubungan dengan Tuhan semakin dekat.  SuaraNya akan terdengar lebih jelas. Keberhasilan pun terjadi secara alami.

.

Mari kita program hidup kita untuk sukses dan bahagia. Ucapan syukur kita kepada Tuhan, membuatNya tidak tahan sehingga Tuhan ingin melimpahkan segala berkat dan kebaikanNya tercurah dalam hidup kita.  Hidup adalah keputusan. Apakah kita memilih hidup bahagia atau membiarkan hidup berlangsung seadanya, semua tergantung pilihan kita.

Kitalah sang penentu nasib! Selamat memilih.

.

.

Hendaklah kalian selalu bergembira,

dan berdoalah senantiasa.

Dalam segala keadaan,

hendaklah kalian bersyukur.

~The book of Thessalonians~

.

OLEH: YENNY INDRA

.

Photo: http://www.facebook.com/pages/Winning-Formula-Dr-Suranis-Training-Program-for-Success/167275386709492

http://www.facebook.com/ibelieveingodvaleriesmith

http://lovenstyle.com/smile-for-you/

http://happiness.knoji.com/secrets-to-happiness/

.

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Mengapa kita bergumul dengan iman.
Sumber Keraguan.
Mengapa Banyak Orang Menyalahkan Tuhan Karena Keadaannya? (Part 1)

Leave Your Comment