Articles, Christianity

Siapa Anda Di Dalam Roh?

Siapa Anda Di Dalam Roh?

Jika saya bertanya kepada Anda, “Apakah Anda tahu siapa diri Anda sesungguhnya?” Jawaban otomatisnya, “Tentu saja saya tahu.” Tetapi bisakah Anda membayangkan bagaimana jadinya jika tiba-tiba Anda kehilangan semua ingatan: siapa namamu, di mana tempat tinggalmu? Siapa suami atau istrimu, anak-anakmu, di mana Anda bekerja, dll? Alangkah menakutkannya. Betapa menakjubkan rasa aman yang dimiliki, saat mengetahui siapa diri Anda yang sejati. Itulah alasan mengapa orang sangat enggan berubah. Mereka merasa aman dengan apa yang mereka ketahui dan sangat takut pada apa yang tidak mereka ketahui.

Yah, suatu keharusan mengetahui apa yang akan terjadi didalam roh. Anda adalah ciptaan baru di dalam roh Anda (2 Kor. 5:17), dan Anda harus mendidik ulang pikiran Anda, agar berpikir sebagai ciptaan baru, sebelum kehendak Allah yang sempurna dimanifestasikan dalam daging Anda (Rm. 12: 1-2) . Kita lebih dari pemenang melalui Kristus, tetapi kita tidak akan mendapat manfaat dari kebenaran itu sampai kita meyakinkan diri kita sendiri tentang hal itu. Tidak berbeda dengan seorang jutawan, yang tidak akan mendapat manfaat dari rekening bank yang dimilikinya, jika dia tidak tahu bahwa dia memiliki rekening di sana. Inilah kondisi yang dialami tubuh Kristus. Sama sekali tidak tahu siapa jati dirinya di dalam Yesus (dalam roh) dan hak mau pun keistimewaan yang dimiliki.

Contoh yang terjadi sehari-hari, adalah kebebasan sebagai orang Amerika. Menurut Konstitusi Amerika, setiap warganegara Amerika telah diberi Tuhan hak-hak tertentu yang tidak dapat dicabut, dan dijamin oleh undang-undang pemerintah Amerika Serikat. Ada sistem yudisial terpilih untuk menjamin hak-hak ini. Tapi, bersamaan dengan berbagai hak yang diberikan, diiringi pula tanggung jawab yang mengikutinya. Merupakan tanggung jawab masing-masing individu untuk mengetahui hak-hak apa saja yang mereka miliki dan sarana yang tepat untuk memperolehnya. Jutaan pelanggar hukum tidak pernah dibawa ke pengadilan, karena sang korban, tidak mengajukan tuntutan dengan alasan tertentu. Dalam banyak kasus, saya yakin, karena mereka tidak mengetahui hak-haknya.

Selama masa kepemimpinan Presiden Abraham Lincoln, beliau menandatangani Proklamasi Emansipasi, yang membebaskan semua budak Amerika. Tetapi terdokumentasi kasus-kasus di mana pemilik budak menyembunyikan kabar kemerdekaan ini, akibatnya para budak terus melayani dalam perbudakan karena mereka tidak mengetahui perubahan yang telah terjadi. Persis seperti inilah strategi Setan melawan gereja. Dikatakan dalam Hosea 4:6 (TB) Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah (kurang pengetahuan)”. Dan 2 Petrus 1:3 (TB) Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.
Jika Setan bisa mengelabui orang Kristen sehingga tidak tahu atau tidak percaya tentang siapa jatidiri mereka serta hak-hak mereka sebagai anak Raja, ia dapat menjajah mereka dalam perbudakan meskipun hukum kemerdekaan dalam Kristus Yesus telah diberlakukan!

Cara paling efektif iblis untuk melakukannya, melalui ketidakpercayaan religius, khususnya ajaran doktrinal, bahwa kita tidak layak, dikutuk sebagai pendosa, diselamatkan oleh anugerah. Puji Tuhan. Saya adalah orang berdosa, tetapi saya diselamatkan oleh kasih karunia, dan sekarang saya adalah kebenaran Allah di dalam Kristus Yesus (2 Kor. 5:21). Saya tidak lagi tidak layak di dalam manusia rohani saya. Efesus 4:24 (TB) mengatakan,”dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.”
Roh saya benar dan sungguh-sungguh kudus! Haleluya!

Tetapi, ada saja orang yang berkata, “Semua kebenaran kita adalah seperti kain kotor” (Yes. 64: 6), dan “Tidak ada yang benar, tidak seorangpun” (Rom. 3:10). Ayat ini merujuk pada kebenaran diri kita sendiri, yang tidak pernah dapat membawa kita ke dalam persekutuan dengan Allah karena “semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah” (Rm. 3:23). Tetapi Yesus yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.(2 Kor. 5:21TB).
Inilah semangat baru kita. Bagian kita yang ada di dalam Dia. Jika Anda menerima bagian pertama dari ayat ini, bahwa Yesus menjadi dosa bagi kita, maka Anda harus menerima bagian berikutnya, bahwa kami menerima kebenaran-Nya. Ini bukan kebenaran yang disampaikan di surga. Itu akan disempurnakan di surga, roh, jiwa, dan tubuh yang dimuliakan. Tetapi seperti yang dikatakan Efesus 4:24, roh kita sekarang di dalam kebenaran dan kekudusan. Ibrani 12:23 (TB) mengatakan, berbicara tentang gereja, “roh-roh orang benar yang telah menjadi sempurna.”

Roh yang kita miliki sudah mati bagi Allah, hilang, dan roh baru yang kita terima saat menerima keselamatan, adalah benar, sungguh-sungguh kudus, dan sempurna. Sesungguhnya, ini semangat yang sama, yang akan kita miliki di sepanjang kekekalan. Itu tidak akan diubah atau diperbaiki. Bagian daging akan diubah, tetapi keselamatan roh kita sempurna. Kolose 1:12 mengatakan bahwa kita (telah lampau) telah dibuat bertemu (cocok atau mampu) untuk mengambil bagian dari warisan orang-orang kudus. Dalam roh kita, sekarang kita adalah pemenang, dan sisa dari kehidupan kekristenan, yang dinyatakan dengan sangat sederhana, adalah memperbaharui jiwa dan tubuh pada kebenaran itu. Roma 12: 2 (TB) mengatakan dengan cara ini, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”
Paulus tidak berdoa agar mereka menerima sesuatu yang baru dari Tuhan, tetapi mereka akan memperbaharui pikiran mereka dan membuktikan (atau memanifestasikan indera fisik) apa yang sudah ada di sana. Tuhan tidak mengubah kita hanya prinsipnya pada kelahiran baru, tetapi kita sekarang, dalam roh kita, menjadi ciptaan yang sama sekali baru. Namun sampai kita pertama- tama menyadari hal ini, dan kemudian bertindak berdasarkan iman, iblis akan terus menindas kita. Langkah pertama dalam iman adalah pengetahuan. Roma 10:14 (TB) mengatakan, “Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?”
Dan ayat 17 mengatakan, “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” Ketidaktahuan tentang siapa kita di dalam kita roh telah membuat kita tidak mungkin bertindak dalam iman sesuai dengan itu.
“Supaya komunikasi imanmu menjadi efektif dengan mengakui segala hal baik yang ada di dalam dirimu dalam Kristus Yesus.” Ayat ini menjelaskan bahwa imanmu menjadi efektif (mulai bekerja) dengan mengetahui hal-hal baik dalam dirimu. Anda dapat memutarbalikkan ayat itu, tanpa mengubah maknanya, dengan mengatakan bahwa jika Anda tidak tahu apa yang terjadi pada manusia roh Anda, iman Anda tidak akan bekerja.

Ajaran agama yang diterima kebanyakan orang hari ini, mengajarkan atau meninggalkan kesan bahwa tidak ada hal baik di dalam kita. Dan diajar pula, cara mengaktifkan kuasa Allah dalam hidup kita, dengan menjaga ketidaklayakan dan kelemahan kita terus menerus. Karakteristik yang saya sebut sebagai “sikap rendah hati palsu” di antara kebanyakan orang Kristen. Anda akan mendengar pernyataan seperti “Tanpa Yesus, saya tidak dapat melakukan apa-apa,” yang memang benar, tetapi tidak diimbangi dengan kebenaran bahwa “Aku dapat melakukan segala perkara di dalam Kristus yang memberi kekuatan kepadaku.”

Kita perlu menyadari bahwa kita sepenuhnya bergantung pada Yesus, tetapi kita harus melampauinya dengan menyadari bahwa ketika kita bergantung pada Yesus, kita benar-benar lebih unggul daripada senjata apa pun yang dapat digunakan iblis untuk melawan kita. Karena semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia (1 Yohanes 5: 4 TB). Ibrani 12: 2 (TB) mengatakan kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan,
sementara kebanyakan dari kita justru melihat kepada diri kita sendiri. Tidak heran jika kita menjadi lemah dan putus asa di dalam pertempuran (Ibr. 12: 3)! Ketika kita mengubah perhatian kita dari kelemahan diri sendiri pada penyediaan Kristus dan mengambil tempat kita di dalam Dia, iman kita akan diaktifkan, dan kita akan mulai hidup seperti anak-anak Raja seperti kita yang seharusnya.

Resource: Who You Are in the Spirit

Who You Are in the Spirit


Diterjemahkan oleh: YennyIndra

Yenny Indra Visit Website
Traveller, Family Growth Inspirator, Seruput Kopi Cantik YennyIndra, Co Founder of PIPAKU & MPOIN FB: Pipaku Mpoin www.mpoin.com FB: Yenny Indra www.yennyindra.com Email: yennyindra09@gmail.com
Related Posts
Rahasia Dibalik Tahun Masehi, Sudahkah Anda Memanfaatkannya?
Apakah Anda Berdoa dalam Roh?”
“Kematian karena Stres.”